Kamis, 26 Juli 2012

MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA

I.              Masuknya Islam di Indonesia
Islam merupakan salah satu agama yang masuk dan berkembang di Indonesia. Agama Islam masuk ke Indonesia dimulai dari daerah pesisir pantai kemudian ke daerah pedalaman oleh para ulama atau penyebar ajaran Islam. Menurut Ahmad Mansur terdapat 3 teori tentang proses masuk dan berkembanganya agama Islam di Indonesia yaitu :
a.             Teori Gujarat
Berpendapat bahwa Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 dan pembawanya berasal dari Gujarat (Cambay) India.
b.             Teori Makkah
Berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir).
c.             Teori Persia
Berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 dan pembawanya berasal dari Persia (Iran).

Ketiga teori tersebut dapat disimpulkan bahwa Islam masuk di Indonesia dengan jalan damai pada abad ke 7 dan mengalami perkembangannya pada abad ke 13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran Islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia, dan Gujarat (India).

II.           Perkembangan Islam di Indonesia
Proses masuk dan berkembangnya Agama Islam di Indonesia antara lain melalui jalur perdagangan dan pernikahan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia, dan Gujarat. Mereka disamping berdagang juga sambil menyebarkan Agama Islam. Dengan adanya perdagangan tersebut hubungan para pedagang dengan orang-orang Indonesia semakin dekat dan bahkan ada yang sampai menikahi wanita-wanita Indonesia, sehingga proses penyebaran semakin berkembang.
Disamping melalui jalur perdagangan dan pernikahan, juga melalui jalur pendidikan dan dakwah yaitu dengan didirikan pondok-pondok pesantren untuk memperdalam ilmu agama dan yang sudah tamat dari pesantren kemudian menyebarkan agama Islam di daerahnya. Sedangkan dengan jalur kesenian yaitu dengan pertunjukan wayang kulit dan seni gamelan. Dengan demikian Islam akan mudah diterima oleh rakyat Indonesia.
a.             Perkembangan Islam di Sumatera
Islam masuk ke Sumatera pada abad ke 7 M langsung dibawa oleh para penyebar Islam dari Arab yang kemudian diikuti oleh orang-orang Persia dan India.
Perkembangan Islam selanjutnya ditandai dengan berdirinya kerajaan Islam di Sumatera yaitu Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai tercatat dalam sejarah sebagai Kerajaan Islam pertama yang terletak di kampong Samudra di tepi sungai Pasai dan menjadi kerajaan yang cukup kuat. Di pihak lain Samudra Pasai berkembang sebagai bandar transito yang menghubungkan para pedagang Islam dari barat dan timur. Letaknya sangat strategis, sehingga berkembang sebagai kerajaan Maritim. Dengan demikian Samudra Pasai menggantikan peranan Sriwijaya di Selat Malaka. Urusan perdagangan bertambah ramai karena didukung armada laut yang kuat.
Raja-raja Islam yang pernah berkuasa pada masa kerajaan Samudra Pasai, antara lain :

a.              Sultan Malik al Sholih tahun 1285 – 1297
b.             Sultan Malik al Tahir I tahun 1297 – 1326
c.              Sultan Malik al Tahir II tahun  1326 – 1348
d.             Sultan Malik al Tahir III
e.              Sultan Iskandar
Sedangkan raja-raja yang pernah berkuasa pada masa kerajaan Aceh adalah sebagai berikut :
a.              Sultan Ali Mughoyat atau dikenal dengan nama Sultan Ibrahim
b.             Sultan Shalahuddin
c.              Sultan Alauddin Riayat Syah
d.             Sultan Hasim
e.              Sultan Zaenal Abidin
f.              Sultan Alauddin Mansyur Syah
g.             Sultan Ali Riayat Syah I
h.             Sultan Alauddin Riayat Syah II
i.               Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam
Dibawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, Aceh mencapai masa kejayaan dan dapat meluaskan wilayahnya meliputi Deli, Johor, Bintan, Pahang, Kedah, Perak, dan Nias. Pada tahun 1504 M berdiri kerajaan Islam kedua yaitu kerajaan Aceh Pidie.
b.             Perkembangan Islam di Jawa
Proses masuk dan berkembangnya Islam di Jawa tidak lepas dari peran para Wali Sembilan (Walisongo) yang hidup pada zaman kesultanan Demak antara tahun 1500 – 1550 M.
Disamping berdakwah para wali tersebut berperan besar pada bidang politik pemerintahan. Mereka sangat berjasa besar dalam mempertahankan negara dari ancaman penjajah portugis.
Walisongo tersebut adalah :
1)             Maulana Malik Ibrahim
Dikenal dengan nama Syekh Maghribi. Lahir di Persia sekitar tahun 1350 M. Beliau menyebarkan Islam di Jawa Timur yaitu di Gresik dengan mendirikan masjid dan pondok pesantren. Jasa-jasanya antara lain pada tahun 1379 M pernah mengajak Raja Majapahit (Hayam Wuruk) untuk masuk Islam namun tidak berhasil. Maulana Malik Ibrahim wafat pada tahun 1419 M dan dimakamkan di kampung Gapura Gresik.

2)             Sunan Ampel
Nama aslinya Raden Rahmat. Lahir di Aceh pada tahun 1401 M. Beliau menyebarkan Islam di daerah Ampel Surabaya. Sunan Ampel mendirikan pondok pesantren di Ampel. Jasa-jasanya antara lain berperan saat berdirinya kerajaan Demak Bintoro dan ikut dalam pembangunan masjid Demak bersama wali yang lain dan dapat mengislamkan Arya Damar yaitu Patih Mangkubumi Majapahit. Beliau wafat pada tahun 1418 M dan dimakamkan di Desa Ampel Surabaya.
3)             Sunan Bonang
Nama aslinya Maulana Makdum Ibrahim putra Sunan Ampel. Lahir di Ampel Denta Surabaya tahun 1465 M. Beliau menyebarkan Islam di Bonang (Tuban). Sunan Bonang medirikan pondok pesantren di Tuban. Beliau berjasa besar dalam menyiarkan agama Islam di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dakwah yang dilakukan dengan memanfaatkan kesenian dan kebudayaan Jawa. Beliau wafat pada tahun 1525 M dan dimakamkan di Tuban.
4)             Sunan Drajat
Nama aslinya Raden Syarifudin atau Raden Kasim. Lahir di Ampel Denta Surabaya tahun 1470 M. Beliau menyebarkan Islam di daerah Gresik / Sedayu. Dakwah yang dilakukan dengan mengunakan wayang kulit dan gamelan. Beliau seorang yang sangat cerdas dan giat dalam menyiarkan agama Islam sehingga menjadi panutan masyarakat. Tembang Pangkur adalah ciptaannya. Beliau wafat pada pertengahan abad ke enam belas dan dimakamkan di Gresik / Sedayu.
5)             Sunan Giri
Nama aslinya Raden Paku / Maulana Ainul Yakin. Beliau menyebarkan Islam di bukit Giri Gresik. Ketika berusia12 tahun, belajar kepada Sunan Ampel. Beliau menetap di Giri dekat Gresik dan disana mendirikan masjid serta pondok pesantren yang terkenal dengan nama Giri Kedaton. Sunan Giri berjasa besar dalam mempertahankan Giri sebagai pusat keagamaan.
6)             Sunan Kudus
Nama aslinya Syeikh Ja’far Shodiq nama kecilnya Raden Untung. Beliau menyebarkan Islam di daerah Kudus. Beliau seorang yang sangat luas ilmunya. Ahli dalam ilmu fiqh, Ushul fiqh, Tahuhid, Hadists dan Sastra. Beliau menciptakan tembang Maskumambang dan Mijil. Sunan Kudus adalah seorang panglima perang kerajaan Bintoro Demak. Beliau wafat pada tahun 1550 M dan dimakamkan di Kudus.
7)             Sunan Kalijaga
Nama aslinya Raden Mas Syahid atau Raden Setya. Beliau menyebarkan Islam di daerah Demak. Sunan Kalijaga pernah menjadi penasehat kerajaan saat Raden Patah menjadi raja di Bintoro Demak. Cara dakwah yang dilakukan dengan jalan berkeliling dari daerah ke daerah. Beliau mengajarkan Islam dengan cara memasukkan hikayat Islam ke dalam cerita wayang. Beliau wafat dan dimakamkan di Desa Kadilangu Demak.
8)             Sunan Muria
Nama aslinya Raden Umar Said. Diperkirakan lahir pada abad XV. Beliau menyebarkan Islam di Gunung Muria. Sunan Muria ahli dalam kesenian Jawa. Tembang Kinanti dan Sinom adalah ciptaannya. Beliau berjuang menyiarkan agama di daerah Muria dan senang membaur dengan rakyat kecil yang hidup di pedesaan. Beliau wafat pada pertengaha abad XVI dan dimakamkan di Gunung Muria sebelah utara Kudus.
9)             Sunan Gunung Jati
Nama aslinya Raden Abdul Kadir yang dikenal dengan nama Fatahillah. Beliau menyebarkan Islam di Jawa Barat (Cirebon). Selain sebagai da’i, Beliau juga seorang politikus dan panglima perang. Fatahillah berhasil menaklukkan Jawa dengan membangun kerajaan Banten dan Cirebon. Sunan Gunung Jati wafat tahun 1570 dan dimakamkan di Gunung Jati Cirebon.
c.             Perkembangan Islam di Sulawesi
Perkembangan Islam di Sulawesi tidak sepesat yang ada di Jawa dan Sumatera. Penyebaran Islam di Sulawesi Selatan dilakukan oleh Datuk Rebandang dari Sumatera. Sehingga pada abad ke 17 agama Islam berkembang pesat, bahkan Raja Makasar pun memeluk agama Islam. Raja Makasar yang pertama masuk Islam adalah Karaeng Matoaya (Raja Gowa) yang bergelar Sultan Alauddin yang memerintah Makasar pada tahun 1593 – 1639 M dan dibantuk oleh Daeng Munrabia (Raja Tallo) sebagai mangkubumi bergelar Sultan Abdullah. Masyarakat Sulawesi Selatan yang bandarnya Sombaopu banyak yang menganut agama Islam. Kerukunan dengan agama lain tetap terpelihara dengan baik. Daerah pelopor pengembangan agama Islam di Gowa Tallo yang semula hanya kerajaan kecil kemudian diperluas dan bahkan masyarakat kelangan bawah pun banyak yang tertarik masuk Islam.
d.            Perkembangan Islam di Kalimantan
Sebelum agama Islam masuk ke Kalimantan, masyarakatnya banyak yang beragama Hindu. Karena di Kalimantan Timur telah berdiri kerajaan Hindu yaitu Kerajaan Kutai. Sedangkan di Kalimantan Barat terdapat kerajaan Sukadana dan di Kalimantan Selatan Kerajaan Banjar. Kerajaan Sukadana resmi menjadi kerajaan Islam pada tahun 1590 M. Sultan yang pertama adalah Sultan Giri Kusuma kemudian digantikan oleh Sultan Muhammad Syaifudin yang berjasa besar dalam pengembangan Islam yang dibantu oleh Syekh Syamsuddin. Raja Banjar yang semula beragama Hindu kemudian masuk Islam bergelar Sultan Suryanullah.
e.             Perkembangan Islam di Maluku dan sekitarnya
Kerajaan di Maluku Utara yaitu Ternate (Sultan Mahrum yang digantikan oleh Zainal Abidin), Tidore (Sultan Cililiyati yang bergelar Sultan Jamaluddin), dan Jailolo (Sultan Hasanuddin) mereka telah masuk Islam.
Sultan Mahrum adalah Raja Ternate yang mula-mula masuk Islam, penggantinya Sultan Zainal Abidin sangat berjasa besar dalam penyebaran Islam di Maluku dan Irian bahkan sampai ke Philipina.
Untuk kelangsungan pengembangan Islam, kerajaan-kerajaan Islam melakukan perlawanan untuk mempertahankan wilayah Islam, sehingga banyak pahlawan yang gugur. Sementara itu di Irian, Islam tidak berkembang pesat terutama karena kuatnya pengaruh kepercayaan masyarakat dan jauhnya jangkauan mubaligh. Walaupun demikian Islam telah masuk pada abad ke 16 M, karena pengaruh dari Sultan-Sultan Bacan yang dipelopori oleh Zainal Abidin.

III.        Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan
Para ulama dalam mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dengan menggunakan kebudayaan wilayah setempat yang disesuaikan dengan nilai-nilai ke Islaman, seperti yang dilakukan oleh Walisongo. Hal ini perlu diteladani. Selain Walisongo, masih banyak tokok Islam yang telah mengembangkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan di seluruh Nusantara, antara lain :
a.             Hamzah Fansuri
Adalah seorang ulama yang mengajarkan paham tasawuf dan telah mengembangkan ajaran-ajaran Sufinya berdasarkan pengalaman rohaninya sendiri. Disamping itu telah mempelopori penulisan risalah tasawuf dengan menggunakan kaidah ilmiah. Ia juga mengembangkan ilmu filsafat dan mistik dengan pendekatan Islam.
b.             Syamsuddin Sumatrani
Ia punya pengaruh yang besar dan berperan dalam pengembangan intelektualitas Islam di Aceh. Karya tulisnya adalah Syarah Ruba’i Hamzah Fansuri, Jauharul Haqo’iq dan Mir’atul Mu’minin yang membicarakan butir-butir akidah yang sejalan dengan ahlus sunnah wal jama’ah.



c.             Nuruddin Ar Raniri
Ia dikenal sebagai ulama dan penulis yang produktif. Karya-karyanya banyak ditulis dalam bahasa Melayu, sehingga menjadikannya sebagai bahasa Islam kedua setelah bahasa Arab.
d.            Yusuf Al Makasari
Ia banyak belajar dengan Nuruddin Ar Raniri di Aceh. Setelah kembali ke Nusantara mengembara selama 22 tahun untuk belajar agama. Setelah kembali ke tanah air kemudian memurnikan Islam yang berorientasi pada Syari’at.
e.             ‘Abdurrauf Singkel
Ia termasuk ulama yang produktif dalam menuliskan karya-karyanya dan banyak dipakai oleh orang-orang Islam di Asia Tenggara. Tulisannya menggunakan bahasa Melayu karena disesuaikan dengan murid-muridnya sehingga dapat memahami Islam dengan lebih baik.

IV.        Kerajaan Islam di Indonesia Yang Menjadi Pusat Penyiaran Islam
1.             Kerajaan Demak
Demak pada masa sebelumnya dikenal dengan nama Bintoro atau Gelagahwangi daerah kadipaten dibawah kekuasaan Majapahit.
Dengan berkembangnya Islam di Demak, kemudian Demak menjadi bandar perdagangan rempah-rempah dari Makasar dan Maluku kemudian dibawa ke Malaka. Selain sebagai kota perdagangan juga sebagai pusat penyebaran Islam di Jawa. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk melepaskan diri dan melakukan penyerangan terhadap Majapahit. Setelah Majapahit hancur kemudian Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pulau Jawa dengan rajanya Raden Patah. Demak makin penting kedudukannya setelah Malaka dikuasai Portugsi pada tahun 1511 M. Kehadiran Portugis merupakan ancaman bagi Demak, untuk mengatasi hal itu maka pada tahun 1513 M Demak melakukan penyerangan terhadap Portugis dipimpin oleh Adipati Unus atau Pangeran Sabrang Lor. Namun gagal tetapi Demak tetap berusaha membendung Portugis untuk tidak masuk ke Pulau Jawa.
Pada masa pemerintahan Adipati Unus (1518 – 1521) dibantu Aceh menyerang Malaka. Puncak kejayaan Demak terjadi pada masa Sultan Trenggono tahun 1521 – 1546, karena Demak telah meluaskan wilayah Jawa Barat sampai Jawa Timur. Daerah tersebut dapat dikuasai karena Sultan Trenggono telah melakukan penyerangan terhadap daerah-daerah Hindu yang mengadakan hubungan dengan Portugis seperti Sunda Kelapa.
Pada tahun 1256 Demak mengirimkan pasukan untuk menyerang Sunda Kelapa yang dipimpin oleh Fatahillah dan dapat merebut Sunda Kelapa dan mengganti menjadi Jayakarta pada tahun 1572 M,
Kehidupan masyarkat Demak lebih berdasarkan agama dan budaya Islam karena Demak merupakan pusat penyebaran Islam dan menjadi tempat berkumpulnya para wali yaitu Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kudus, dan Sunan Bonang.
2.             Kerajaan Cirebon dan Banten
Banten adalah daerah kekuasaan Demak. Setelah Banten di Islamkan oleh Fatahillah maka daerah Banten diserahkan kepada putranya yaitu Hasanuddin, sedangkan Fatahillah menetap di Cirebon. Pada masa pemerintahan Hasanuddin Banten dapat melepaskan diri dari Kerajaan Demak, sehingga Banten dapat berkembang cukup pesat di berbagai bidang. Sultan Hasanuddin wafat tahun 1570 M dan digantikan oleh putranya Pangeran Yusuf.

82 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. begitu hebatnya PERJUANGAN para ahli agama memasukan islam ke indonesia tapi sayang generasi sekarang memaknai islam hanya sekedar status belaka dan menjalani beragama sekedar MENGGUGURKAN kewajiban semata..terutama OLEH GENERASI MUDA yang makin jauh dengan aturan aturan dalam islam..mereka telah terpengaruh oleh budaya yahudi YANG SUKA bersenang SENANG dengan hidupNYA TANPA MENPERHATIKAN RESIKO DAN TANGGUNG JAWABNYA sebagai kaum muslim..

    BalasHapus
  3. perjuangan para ahli islam di indonesia di bawa oleh orang arab ,dan persia. itu membuktikan bahwa masuknya islam ke indonesia di pengaruhi oleh bangsa asing. oleh sebab itu qta sebagai generasi muda islam haruss berusaha untuk tidak mengotori dan memberi coretan pada agama islam yang qita anut. agama islam bagaikan selembar kertas putih yg bersih,suci. trgantung goresan apa yg akan kita torehkan kpada selembar krtas putih itu.

    (Laila Miftakhun Nikmah XII TAV)

    BalasHapus
  4. Masuknya agama islam di seluruh muka bumi terutama di wilayah indonesia terjadi karena kegigihan dan keuletan para ulama dalam menyebarkan agama islam.Mereka tidak pernah putus asa dalam menyebarkan agama yang disampaikan melalui perantara nabi muhammad saw.Kita harus mencontoh SEMANGAT PERJUANGAN yang dimiliki oleh para ulama dalam menyebarkan agama islam dan melaksanakanya dalam kehidupan sehari-hari agar agama islam dapat berkembang dengan BAIK di ERA MODERN INI................

    BalasHapus
  5. perjuangan masuknya islam tidak semudah membalikan telapak tngan. dmulai dri bangsa arab kemudian d lanjutkan oleh wali 9 dan ulama islam lainnya. sehingga kita sebagai kaum muda tidak boleh menganggap enteng perjuangan islam dahulu. islam sekarng sudah d kotori oleh pergaulan muda mudi yang sudah persis dengan perlakuan setan. dan tidak sewajarnya. mereka menganggap bhw kbhgian dunia kbh pnting drpd ksngsraan d neraka kelak

    BalasHapus
  6. ISLAM masuk ke indonesia melalui banyak rintangan yang sangat berat dan penuh perjuangan dalam menyebarkanya.kita sebagai umat muslim tidak boleh menganggap remeh dan sepele perjuangan dikala itu dijaman sekarang kita harus berusaha untuk membangkitkan islam dan mewarnai islam dengan hal-hal positif................

    BalasHapus
  7. masuknya islam di indonesia melalui berbagai cara yang tidak mungkin dilakukan oleh para pemuda jaman sekarang. karena perjuangan masuknya islam pada jaman dahulu mempunyai berbagai kendala yang sangat berat. masuknya islam diberbagai wilayah indonesia karena perjuangan para ulama, yg bertekad untuk menjadikan bangsa indonesia mjd masyarakat islam yg sebenar"nya. maka kita sebagai pemuda indonesia hrs meneruskan perjuangan para ulama tersebut. untuk itu para pemuda indonesia hrs tetap SEMANGAT dlm mendalami ajaran agama islam,tapi tak hanya mendalami harus melaksanakannnya..................

    BalasHapus
  8. Masuknya agama Islam sangatlah tidak mudah seperti yang kita bayangkan. Banyak rintangan yang di alami oleh penyebarnya, melalui perdagangan pun di masa kolonial Hindia Belanda itu tidak mudah. Awalnya juga banyak yang menentang agama islam seperti penyebaran islam pada jaman Kh. Ahmad Dahlan. dan yang saya masih heran kenapa di Indonesia masih banyak ajaran lain yang sangat menyimpang agama islam, misalnya saja ahmadiyah yang mengaku nabi nya bukanlah Nabi Muhammad. Padahal ajaran-ajaran di dalam Al-Quran pun menyebutkan bahwa nabi kita tetap Nabi Muhammad SAW.

    BalasHapus
  9. Perkembangan islam di Indonesia sangat pesat. Disebarkan oleh wali songo, masyarakat tidak sulit memahami agama islam. tetapi banyak juga yang menentang agama islam.

    BalasHapus
  10. masuknya islam di indonesia di pengaruhi oleh peradaban arab sehingga secara tidak langsug kbudayyan arab pun masuk ke indonesia dan kita sebagai kaum muda wajib menjaga dan membangun dalam hal positif

    BalasHapus
  11. perjuangan para ulama sangatlah besar dan banyak berliku itu membuktikan bahwa mereka sangat mempejuangkan islam sebagai agama umat manusia oleh sebab itu kita sebagai kaum muda harus menjaganya dan tidak mengotori islam dgn perbuatn dosa dan kotor

    BalasHapus
  12. perjuangan masuknya islam tidak semudah yang kita pikirkan, islam masuk ke indonesia melalui banyak rintangan yang sangat berat..
    jadi kita para umat islam yang berbakti pada Allah, harusnya tetap menjaga moral - moral keagamaan kita, janganlah di kotori dengan perbuatan - perbuatan penuh dosa..

    BalasHapus
  13. agama islam masuk ke indonesia di bawa olh para pedangang yang berlayar ke indonesia....yang di indonesia disebarkan oleh wali 9.......tapi sayang generasi sekarang cenderung merusak keindahan islam..........

    BalasHapus
  14. islam masuk ke indonesia yang dibawa oleh wali 9 dan bangsa asing sprti kaum gujarat dan persia dengan penuh perjuangan.....

    BalasHapus
  15. masuknya islam d indonesia sangat berpengaruh terhadap bangsa arab, d karenakan islam bekembang pesat dan pertama kalinya d daeraharab, pada zaman saat ini islam d pengaruhi oleh perkembangan era moden. selain itu islam jua berubah mnjdi organisasi yang besar d dunia, oleh karena itu kita sbg kaum muda islam harus biza mnjga islam semestinya

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. masuknya islam d indonesia sangat berpengaruh terhadap bangsa arab, d karenakan islam bekembang pesat dan pertama kalinya d daeraharab, pada zaman saat ini islam d pengaruhi oleh perkembangan era moden. selain itu islam jua berubah mnjdi organisasi yang besar d dunia, oleh karena itu kita sbg kaum muda islam harus biza mnjga islam semestinya

    BalasHapus
  18. kaum muda pada saat ini sangatlah bertolak belakang terhdap perkmbangan jman dahul, dssbkan krn masuknya kbdyaan luar trhdap indnsia

    BalasHapus
  19. islam masuk dan berkembang di indonesia pada abad 7 melalui dari daerah pesisir pantai hingga ke daerah kedalaman dengan cara proses perdagangan ,pernikahan dan lain-lain,,,dengan proses itulah islam mudah tersebar di daerah" indonesia,,,,,

    BalasHapus
  20. masuknya islm di ndonesia terbilang sangat pesat.yang pada awalnya islam masuk di indonesia pada abad ke 7 masehi.secara garis besar penyebaran islam di ndonesia melalui 3 cara,yaitu:perdagangan,pernikahan dan pembebasan budak.adapun muncul banyak kerajaan-kerajaan islam di berbagai wilayah indonesia serta wali songo dalam penyebarannya.

    BalasHapus
  21. masuknya islam juga dssbkn krn peran ulama dan wali 9, unuk mpermudah mrka mmbwkan islam dgn cara yg berbeda, seperti sunan kalijaga dgn lagu dan ksenian. dan sampai sekarang kia masih mmpergunakannya

    BalasHapus
  22. islam masuk di indonesia dengan melalui cara-cara penyebaran di indonesia,yaitu dengan cara perdagangan,pernikahan,,dengan disebarkan oleh wali-wali dengan penuh semangat untuk mengenalkan dan mengajarkan islam yang sebenarnya.

    BalasHapus
  23. agama islam masuk ke indonesia pada abad ke 7. penyebaran agama islam berjalan terus dari daerah ke daerah lain. sehingga dalam waktu singkat dan sangat pendek agama islam sudah merata ke seluruh nusantara.

    BalasHapus
  24. D JWA BARAT PENYEBARAN ISLAM D MULAI OLEH HAJI PURWA SEPULANG MENUNAIKAN IBADAH HAJI PDA THUN 1195 M. MENURUT SEBAGIAN AHLI SEJARAH, ISLAM MASUK INDBSIA PDA ABAD 7 M DGN MLUI 2 JALUR UTRA SELATAN. SCR GRIS BSAR PNYBRAN ISLAM D INDNSIA MLLU 3 CRA

    BalasHapus
  25. islam masuk di indonesia pada waktu itu di sebar luaskan oleh wali songo dengan cara akultulasi budaya yang masih lekat dengan budaya hindu.para wali masih mengunakan budaya jawa seperti wayang dan lagu-lagu jawa untuk menebarkan agama islam.sebagai generasi islam tidak sepantasnya meningalkan ajaran islam yang telah di sebar luaskan susah payah oleh para wali songo yang jauh dari sentuhan teknologi

    BalasHapus
  26. begitu panjang proses masuknya islam di indonesia,di mulai kira-kira pada abad ke 7,yang di bawa oleh saudagar dari timur tengah seperti dari PERSIA[IRAN]dll,serta di sebarkan oleh para tokoh islam di indonesia seperti WALISONGO yang menyebarkan dan mengajarkan agama islam di pulau jawa.

    BalasHapus
  27. Teori Gujarat adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Snouck Hurgronje (1857-1936) yang mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia dari wilayah-wilayah di anak benua India. Tempat-tempat seperti Gujarat, Bengali dan Malabar disebut sebagai asal masuknya Islam di Nusantara.

    Dalam L’arabie et les Indes Neerlandaises, Snouck mengatakan teori tersebut didasarkan pada pengamatan tidak terlihatnya peran dan nilai-nilai Arab yang ada dalam Islam pada masa-masa awal, yakni pada abad ke-12 atau 13. Snouck juga mengatakan, teorinya didukung dengan hubungan yang sudah terjalin lama antara wilayah Nusantara dengan daratan India.

    BalasHapus
  28. TEORI PERSIA
    Tanah Persia sebagai tempat awal Islam masuk di Nusantara. Ini didasarkan kesamaan budaya yang dimiliki oleh beberapa kelompok masyarakat islam dengan penduduk Persia. Misalkan tentang peringatan 10 Muharam yang dijadikan sebagai hari wafatnya Husein, peringatan Tabut di Sumatrera Barat, yang berarti Keranda tuk memperingati Hasan dan Husein, begitu juga dengan adanya beberapa kata serapan yang diyakini berasal dari Iran, seperti jer dari je-er, kata jabar dari zabar. Dari teori ini Islam masuk ke Nusantara pada abad ke 13 M.

    BalasHapus
  29. Agama Islam dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia antara lain karena:

    Syarat-syarat untuk masuk Islam tidak sulit. Untuk masuk Islam seseorang cukup mengucapkan dua kalimat syahadat.
    Peran ulama, kyai, dan para pendakwah giat melakukan siar agama. Banyak tokoh penyebar agama Islam menggunakan sarana budaya setempat. Misalnya, beberapa wali di Pulau Jawa menggunakan sarana wayang untuk sarana dakwah.

    BalasHapus
  30. Agama Islam sangat cepat masuk ke Indonesia karena penyebaran agama Islam tidak melalui paksaan,tidak mengenal kasta,dan sesuai dengan keadaan yang ada pada waktu itu.Para penyebar agama Islam di Indonesia antara lain adalah para saudagar-saudagar dari Arab,Persia,Gujarat,Wali songo,Para ulama,dan Raja-raja yang sudah masuk Islam.Para penyebar agama Islam tentu saja memperlukan tenaga yang sangat luar biasa. Jadi kita juga harus mencontoh perjuangan mereka dengan cara menjunjung ajaran-ajaran agama islam dan senantiasa menjaga kemurnian ajaran_Nya..

    BalasHapus
  31. dahulu islam d perjuangkan oleh bangsa arab kemudian bangsa indnsia oleh ulama dan wali 9

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. masuknya islam di indonesia sangat berpengaruh terhadap kemajuan agama islam di seluruh nusantara. yang saat ini kita rasakan budaya -budaya yang masih tertinggal

    BalasHapus
  34. masuknya islam di indonesia sangetlah membawa sejarah yg sangat besar, bnyak tokoh-tokoh islam islam yg berjuang untuk menyebarkan agama islam di indonesia,termasuk wali songo yg menyebarkan agama islam di indonesia yaitu di pulau jawa, mereka bnyak berkorban untuk menyebarkan agama islam di indonesia.

    BalasHapus
  35. penyebaran islam di indonesia sangatlah pesat,di tandai dengan berdirinya kerajaan islam samudra pasai di aceh.kerajan ini menjadi kerajaan islam pertama di indonesia.setelah itu banyak pula muncul kerajaan kerajaan islam di berbagai wilayah indonesia.ada pula wali songo yang ikut berperan dalam penyebaran agama islam di indonesia.

    BalasHapus
  36. ,berkembangnya islam dan masuknya islam diindonesia secara terang-erangan dan bnyk melewati rintangan-rintangan dngn penuh kesabaran oleh para ulama dan para walisongo serta sultan-sultan, saya salut krn para ulama mnyebarkan islam diindonesia yaitu melalui jalur perdagangan dan pernikahan.. dan para ulama, sutan-sultan serta yg lainnya menyebarkan islam dngn penuh kesabaran dan perjuangan yg patut kita teladani, dan karena mereka berjasa sekali krn telah mempertahankan negara kita dr para pejajah.. sungguh menyentuh hati dan harus kita contoh karena dgn kegigihan dan perjuangan serta kerja keras para ulama dan sultan-sultan dgn keikhlasan dan kethulusan dlm menyebarkan ajaran islam..

    BalasHapus
  37. islam sangat berpengaruh pada bidang-bidang keilmuan dan kebudayakan...

    BalasHapus
  38. Masuknya islam di wilayah nusantara merupakan gambaran betapa para mubaligh agama islam sangatlah gigih dalam memperjuanagkan penyebaran agama islam,..untuk itulah maka kita sbg generasi muda islam harus senantiasa menjadikannya sbg suri tauladan dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari,....

    BalasHapus
  39. para pemuka agama islam sangatlah gigih dan semangat dalam memperjuangkan islam. mereka sampai rela mati dalam memperjuangkannya.
    aka dari itu kita harus menghormati jasa jasa mereka,yaitu dengan senantiasa iman dan taqwa kepada ALLAH SWT

    BalasHapus
  40. atas kegi2han para ulama dengan didasari iman dan taqwa kepada allah SWT.mereka berhasil menyebarkan agama islam diindonesia dengan perkembangan yang begitu cepat.akan tetapi silir berkembangnya agama islam yg sngat cepat,mereka(generasi muda) banyak yang ternodai dengan hal hal yang negatif hasilnya mereka berjlan jauh dari aturan aturan islam.kita sebagai generasi muda semestinya bisa menghargai,menjaga dan melindungi apa yang sudah mereka perjuangkan(agama islam),,,,,dr_firdauslafuriaroja

    BalasHapus
  41. dari agung nur m
    Perkembangan Islam Di Andalusia

    bani abbassiyah mengalahkan bani umayah. bani umayah pindah ke andalusia.
    selama ini perkembangan islam di spanyol memiliki peranan yg berpengaruh di berbagai bidang.
    terutama di filsafat.
    harapan saya islam harus tetap ada di daerah spanyol terutama masih terjaganya sejarah bani umayah disana.

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. masuknya islam di indonesia tidaklah mudah.beberapa diantaranya ada yang setuju dan ada yang tidak.tetaoi para ahli ulama terus berjuang agar bisa menyebarkan agama islam.dan menjunjung tinggi agama islam

    BalasHapus
  44. butuh bnyk perjuangan dalam ,masuk nya islam di Indonesia..?dan kecerdasan dlm penyebaran islam itu sangat mempengaruhi.

    BalasHapus
  45. islam masuk ke indonesia dibawa oleh para pedagang islam yang singgah di indonesia dalam perjalanan dagangnya,kemudian disebarkuaskan oleh para wali (wali sanga) khususnya di jawa

    BalasHapus
  46. masuknya agama islam di indonesia sangat pesat terutama saat memasuki wilayah aceh.dikarenakan agama islam mudah dipahami dan sesuai dengan akal fikiran

    BalasHapus
  47. agama islam mudah dipahami dan sesuai dengan akal fikiran,rahmat bagi seluruh alam,maka dari itu mudah diterima setiap orang,termasuk di indonesia

    BalasHapus
  48. islam adalah agama damai,mengajarkan kedamaian dan disebarkan dengan jlan damai,
    islam tidak mengenal perbedaan ras,suku dan kasta,oleh karenaitu mudah diterima di indonesia

    BalasHapus
  49. proses masuknya islam di Indonesia melalui perdagangan, pernikahan, para pedagang dari arab persia,dan gujarat meraka selain berdagang juga menyebarkan agama islam, shg proses penyebaran agama islam semakin berkembang selain perdagangan dan pernikahan juga melaui pendidikan dan dakwah yaitu dengan mensirikan pondok-pondok untuk memperdalam ilmu agama, adajuga yang melaui jalur kesenian dengan pertunjukan wayang kulit dan gamelan.

    BalasHapus
  50. Masuknya agama islam di seluruh muka bumi terutama di wilayah indonesia terjadi karena kegigihan dan keuletan para ulama,dengan perkembangan yang begitu cepat.akan tetapi silir berkembangnya agama islam yg sngat cepat,dan kita sbagai umat islam kita hrus menjunjung tinggi agama islam....

    BalasHapus
  51. Majunya Islam di Indonesia sangatlah pesat dikarenakan para penyebar dakwah Islam, mereka sangat berbaur dengan rakyat sehingga rakyat dapat menerima ajaran-ajaran Islam dengan mudah.

    BalasHapus
  52. masuknya islam di Indonesia dengan cara perdagangan dan pernikahan, tetapi dalam penyebarannya dibutuhkan kesabaran dan perjuangan dari para wali maupun para pengikutnya.
    Walaupun begitu, mereka tetap berusaha dengan hati yang ikhlas dan pantang menyerah supaya agama Islam dapat diterima oleh masyarakat walaupun mendapatkan rintangan yang tidak mudah...

    putri amin

    BalasHapus
  53. Islam masuk di Indonesia sangatlah mudah,dikarenakan banyak para pejuang Islam dari seluruh dunia.

    BalasHapus
  54. islam masuk ke indonesia sangatlah membawa sejarah yang sangat besar,dari sejarah itu bnyak tokoh-tokoh islam yang ikut menyebarkan agama islam di indonesia, banyak sejarah yg dapat kita ambil dari sejarah masuknya islam di indonesia, slah satu tokoh yg ikut menyebarkan agama islam di indonesia yaitu wali songo, yang ikut menyebarkan agam islam di indonesia yaitu di pulau jawa

    BalasHapus
  55. Perkembangan Islam di Indonesia sangat pesat sekali karena disebarkan oleh para Walisongo dengan menggunakan seni dan budaya. Oleh karena itu kita dapat mencontohnya agar perkembangan Islam makin pesat.

    BalasHapus
  56. Nama : Slamet Parwoto
    Kelas : XII TKR


    Islam masuk di Indonesia sangatlah pesat dikarenakan ajaran Islam sangat mudah dipahami dibantu dengan para pengajar agama Islam sanagat cerdas dalam mendakwahkannya sehingga Islam tersebar pesat di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  57. Agama Islam sangat cepat masuk ke Indonesia karena penyebaran agama Islam tidak melalui paksaan,dan bnyk melewati rintangan-rintangan dngn penuh kesabaran oleh para ulama dan para walisongo serta sultan-sultan,kita sebagai umat islam harusnya melanjutkan perjuangan" para ulama dahulu.

    BalasHapus
  58. agama islam agama yang selalu damai dengan ajaran agama lain, maka dari itu penyebaran agama islam sangat lah mudah di terima oleh warga indonesia... dengan berbagai cara / metode,islam pun berkembang dengan pesatnya sampai pelosolk-pelosok daerah.

    Yuliyanto . XII TKR

    BalasHapus
  59. agama islam adalah agama yang proses masuknya ke negara indonesia melalui perdaganga dan pernikahan ,selain itu agama islam juga berkembang melalui pendidikan ,pendrian pondok- pondok dan dakwah.oleh karena itu agama islam sangatlah mudah di terima di masyarakat negara indonesia ,dan dengan berbagai cara atau metode tanpa dengan paksaan ,islam pun berkembang sangatlah cepat sampai ke plosok daerah.
    agus supri .XII TKR

    BalasHapus
  60. Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar ummat Muslim di dunia. Ada sekitar 85,2% atau 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk. Walau Islam menjadi mayoritas, namun Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam.

    BalasHapus
  61. PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN KEBUDAYAAN
    mengembangkan ilmu keislaman dan kebudayaan wilayah setempat yang disesuaikan dengan nilai-nilai keislaman seperti yang dilakukan oleh tokoh-tokoh walisongo.

    BalasHapus
  62. agama islam adalah agama yang proses masuknya ke negara indonesia melalui perdaganga dan pernikahan
    Masuknya islam di wilayah nusantara merupakan gambaran betapa para mubaligh agama islam sangatlah gigih dalam memperjuanagkan penyebaran agama islam,untuk itu kita sebagai generasi muda hrusnya menjunjung tinggi agama islam.

    BalasHapus
  63. agama islam pada saat ini adalah agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat di Indonesia maupun di dunia,penyebaran dakwah para walisongo menjadi sebab utama cepat merambat kepada para masyarakat. tetapi hingga saat ini mengapa islam hanya KTP saja banyak orang yang tidak melaksanakan perintah agama.
    Bambang paryono XI_TAV_A

    BalasHapus
  64. agama islam adalah agama mayoritas di indonesia. islam juga berpengaruh banyak bagi kemajuan bangsa indonesia.banyak tokoh tokoh islam di indonesia yang terkenal seperti,WALISONGO,bahkan tumbuh organisasi pula seperti,MUHAMMADIYAH.walaupun saat itu indonesia saat itu masih kental dengan budaya hindu ternya islam mudah merasuk di dalam masyarakat.

    BalasHapus
  65. masuknya agama islam di indonesia disebarkan oleh para ULAMA dan WALISONGO.yang sangat berjasa karena kegigihannya mereka dapat menyebarkan agama islam dengan penuh kesabaran dan walapun banyak resiko dan rintangan mereka tetap semangat demi memprjuangkan agama islam.

    BalasHapus
  66. agama islam dpat diterima dengan mudah oleh penduduk indonesia karena islam merupakan agama yang mengajarkan kedamian,tidak membedakan suku,ras maupun kasta.
    agama islam juga mudah diamalkan dalam kehidupan.

    BalasHapus
  67. proses masuknya islam di Indonesia melalui perdagangan, pernikahan, para pedagang dari arab persia,dan gujarat meraka selain berdagang juga menyebarkan agama islam, shg proses penyebaran agama islam semakin berkembang selain perdagangan dan pernikahan juga melaui pendidikan dan dakwah

    BalasHapus
  68. agama isla sangatlah nyata dan realistis

    BalasHapus
  69. islam masuk ke indonesia dibawa oleh para pedagang islam yang singgah di indonesia dalam perjalanan dagangnya,kemudian disebarkuaskan oleh para wali (wali sanga) khususnya di jawa

    BalasHapus
  70. proses masuknya islam di Indonesia melalui perdagangan, pernikahan, para pedagang dari arab persia,dan gujarat meraka selain berdagang juga menyebarkan agama islam, shg proses penyebaran agama islam semakin berkembang selain perdagangan dan pernikahan juga melaui pendidikan dan dakwah yaitu dengan mensirikan pondok-pondok untuk memperdalam ilmu agama, adajuga yang melaui jalur kesenian dengan pertunjukan wayang kulit dan gamelan.

    BalasHapus
  71. islam masuk di indonesia pada waktu itu di sebar luaskan oleh wali songo dengan cara akultulasi budaya yang masih lekat dengan budaya hindu.para wali masih mengunakan budaya jawa seperti wayang dan lagu-lagu jawa untuk menebarkan agama islam.sebagai generasi islam tidak sepantasnya meningalkan ajaran islam yang telah di sebar luaskan susah payah oleh para wali songo yang jauh dari sentuhan teknologi

    BalasHapus
  72. perjuangan masuknya islam tidak semudah membalikan telapak tngan,butuh perjuangan yang sangat besar,oleh karena itu sebagai generasi muda islam,kita harus mempertahankan dan mengamalkan islam dalam kehidupan kita

    BalasHapus
  73. Proses masuk dan berkembangnya Agama Islam di Indonesia antara lain melalui jalur perdagangan dan pernikahan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia, dan Gujarat. Mereka disamping berdagang juga sambil menyebarkan Agama Islam

    BalasHapus
  74. begitu beratnya pengorbanan dan perjuangan para ulama dan wali songo untuk menyebarkan agama islam hingga ke indonesi
    kita sebagai generasi penerus ,maari ita jaga agama ini dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  75. masuknya islam di indonesia sangat pesat sekali semua itu karena perjuangan para ulama dan wali songo

    BalasHapus
  76. islam masuk dan berkembang di indonesia pada abad 7 melalui dari daerah pesisir pantai hingga ke daerah kedalaman dengan cara proses perdagangan ,pernikahan dan lain-lain,,,dengan proses itulah islam mudah tersebar di daerah" indonesia,,,,,

    BalasHapus
  77. ya siap sya sudah membuat soal

    BalasHapus