Jumat, 27 Juli 2012

ISLAM DI ANDALUSIA (SPANYOL)

Bagi kelas XI TKR untuk membaca dan memberi komentar Pelajaran Tarikh ini

ISLAM DI ANDALUSIA ( SPANYOL )
      Masuknya Islam di Andalusia dibawa oleh Thoriq bin Ziad dan Musa bin Nusair pada masa Walid bin Abdul Malik. Bagaimanakah perkembangan Islam di Spanyol ? Simak baik-baik materi modul ini dan jangan lupa kerjakan tugas latihan dan uji kompetensi yang ada.

A. MATERI PEMBELAJARAN

1.      MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA ( SPANYOL )
Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.
Dengan dukungan Gubernur Afrika Utara Musa bin Nushair penaklukan diteruskan ke kota Surogossa dan Barcelona sampai kekaki pegunungan Pyrenia, yang memisahkan Spanyol dengan kerjaan Franka (Perancis).


2. PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA BANI UMAYAH DI SPANYOL
1.Sejarah Berdirinya
Ketika Daulat Bumi Umayah Abbasiyah berkuasa, maka para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umyah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia (Spanyol).
Pada tahun 139H = 758M Abdurrahman Al Bakhil dengan dibantu Kabilah Arab mampu mengalahkan Yusuf bin Abdurrahman Al Fikry, Kholifah di Andalusia ketika itu. Setelah itu Abdurrahman Al Dakhil mendirikan Negara Islam Spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan Bani Umayah di Damaskus yang telah dikalahkan oleh Bani abbasiyah pada tahun 132H = 751M.
Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah memberi gelar Saqar Quraisy kepada Abdurrahman bin Muawiyah yang berarti Rajawali Quraisy yang mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Spanyol.

  1. Khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah di Spanyol yang Berjasa
a.      Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H = 757M-791M)
Beliau merupakan pendiri daulat Bani Umayah di spanyol pada tahun 138H = 757M. belaiau berjasa dalam bidang agama dengan membangun Masjid yang megah di Cordova yaitu Mashid Al Hambra.
Beliau juga berhasil membangun lahan pertanian dengan irigasi yang baik sehingga kesejahteraan rakyat tercukupi.

b.      Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H =179M-799M)
Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, dengan memajukan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan penelitian.
Hisyam Ibnu Abdurrahman adalah seorang Khalifah yang menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh Negara.

c.       Abdurrahman III (300H-350H = 911M – 961M)
Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.


3.      Akhir Bani Umayah di Spanyol
Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti  Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :
  1. Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
  2. Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

4.      Pemerintahan Murobbitin (479 – 540H = 1089 – 1149M)
Sebelum Daulah Murobbitin berkuasa di Spanyol, Spanyol berada dibawah kekuasaan raja-raja kecil yang disebut Mukukut Thowif, misalnya :
  1. Ibnu Jahur di Cordova
  2. Bani Ibad di Sevilla
  3. Bani Zinnun di Toledo
  4. Bani Hud di andalussia Timur
  5. Daulat Zawizin di Granada
Karena tidak ada kesejahteraan dan kesepakatan antara raja-raja kecil tersebut, maka mereka tidak dapat bersatu dalam mengembangkan Islam. Setelah raja-raja Kristen yang dikoordinir oleh Raja Alfonso dan didukung raja-raja Kristen Eropa bersatu untuk melakukan perlawanan, mereka mulai bangkit dan menyatukan diri untuk mempertahankan wilayah Islam.
Sejarah mencatat meskipun raja-raja kecil sudah bersatu dalam mempertahankan serangan dari raja-raja Kristen. Namun mereka tidak mampu,m karena itu merka bersepakat untuk meminta bantuan kepada penguasa Islam di Afrika Utara yakni Daulat
Adapun alasan mereka ingin mengembangkan kekuasaan Murabbitin ke Spanyol sebagai berikut:
  1. Pasukan Murabbitin lebih kuat bila dibandingkan dengan pasukan raja-raja kecil di Spanyol.
  2. Keadaan tanah di Spanyol relative lebih subur, sehingga kehidupan rakyatnya makmur.
  3. Kondisi kota Spanyol sudah maju dan menarik perhatian bila dibandingkan dengan Afrika
Daulat Murabbitin di Spanyol berkuasa lebih dari setengah abad dan mencapai kejayaan sudah jatuh karena dikalahkan oleh Daulat Murobbitin yang dating dari Afrika.
Adapun sebab-sebab jatuhnya Daulat Murabbitin sebagai berikut:
  1. Para pendukung Daulat Murobbitin kurang menguasai politik kenegaraan.
  2. Rendahnya mata ilmu pengetahuan sehingga kondisi Negara sulit mengalami kerugian bahkan kemunduran.
  3. Kondisi intern tidak ada rasa nyaman dan aman karena minimnya pertahanan Negara.


5.      Pemerintahan Muwahidin (540 – 634H = 1149 – 1243M)
Akibat runtuhnya kekuasaan Daulat Murobbitin, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh Abdul Mu’min dari Afrika untuk mengambil alih kekuasaan di Spanyol.
Kholifah Daulat Muwahidin yang pertama adalah Abdul Mu’min, Daulat Muwahidin mencapai puncak zaman keemasan ketika dipimpin oleh Yo’kub bin Yusuf bin Abdul Mu’min.
Adapun diantara usaha Kholifah Yo’kub bin Yusuf dalam memajukan peradaban Islam adalah sebagai berikut :
a.       Membangun dan menambah banyak masjid dan rumah sakit
b.      Memajukan ilmu pengetahuan, sehingga pada masa itu lahir para ulama yang mashur diantaranya Ibnu Rusyd.
c.       Pada tahun 592H=1201M Yokub bin Yusuf berhasil merebut kembali daerah-daerah Islam di Spanyol dari Cengkraman Raja Alfonso VII.
Setelah Kholifah Yokub bin Yusuf diganti putranya yang bernama Muhammad dengan gelar Nashir, mulailah penurunan peran Daulat Muwahidin. Hal ini terjadi karena factor kelemahan dalam kepemimpinan Kholifah Muhammad juga karena adanya serangan dari pasukan Salib dari raja-raja Kristen yang dikoordinir oleh paus Innocentous III.
Pada tahun 609H=1218M di Las Navas peperangan terjadi dibawah pimpinan Raja Alfonso VII dan umat Islam mengalami kekalahan sehingga Daulat Muwahidin mengalami keruntuhan.

6.      Pemerintahan Daulat Bani Ahmar (630-898H = 1145-1413M)
Daulat Bani Ahmar didirikan oleh Muhammad bin Ahmar dan pusat pemerintahannya di kota Granada. Daulat Bani ahmar ini berdiri setelah runtuhnya Daulat Muwahidin yang kalah perang dengan raja-raja Kristen pimpinan Raja alfonso VII.
Karena kekuasaan raja-raja Kristen sampai Cordova, sedang bagian selatan Andalusia yaitu Granada dikuasai kerajaan Islam yang kuat yaitu Daulat Bani ahmar.
Adapun latar belakang Daulat Bani ahmar masih bertahan di Granada dan orang-orang Kristen tidak berani menyerang karena :
a.       Umat Islam di Granada sangat pemberani menghadapi musuh dan tidak pernah mengenal menyerah.
b.      Dikalangan kaum Kristen tidak ada rasa persatuan untuk menghadapi Bani Ahmar.
c.       Letaknya strategis bagi pertahanan, sebab tanahnya berbukit dan jurang yang dapat menyusahkan musuh bila belum mengenal medan.
Daulat bani ahmar berkuasa lebih dari dua abad sudah banyak meninggalkan jasa bagi peradaban Islam.
Adapun jasa Daulat Bani ahmar adalah sebagai berikut :
a.       Bidang ilmu pengetahuan cukup berkembang pesat, karena para pejuang ilmiah mendapatkan perhatian khusus dari khalifah.
b.      Bidang kebudayaan dapat mencapai kemashurannya dengan ditandai adanya Istana Al Hamra yang indah.
c.       Bidang produksi pangan dan kerajinan dapat membawa kemakmuran Daulat Bani ahmar
Daulat Bani ahmar setelah berkuasa selama dua abad akhirnya mengalami kemunduran nbahkan kehancuran. Adapun penyebab runtuhnya Daulat Bani Ahmar adalah sebagai berikut :
a.       Timbulnya perpecahan dikalangan intern Bani Ahmar karena perebutan kekuasaan.
b.      Ancaman dari Kaum Kristen yang sudah lama ingin menghancurkan Negara-negara Islam termasuk Daulat Bani ahmar
Oleh karena itu pada tahun 898H = 1413M kekuasaan Daulat Bani Ahmar di Spanyol (Granada) jatuh ketangan raja Kristen dan berakhirlah kekuasaan Daulat Islam di Spanyol. Suatu hal yang perlu dipahami bahwa dengan beralihnya kekuasaan Islam kepada Kristen, maka punahlah panji-panji Islam di Spanyol.
Bahkan Umat Islam mengalami penindasan sehingga harus menerima Mahkamah Tafsis yaitu Pengadilan Darah, ketika menerima pengadilan daulat umat Islam disuruh memilih alternative yaitu :
  1. Orang Islam harus masuk Kristen
  2. Keluar dari Spanyol
  3. Rela mati dibunuh oleh raja Kristen
Dampak dari pengadilan darah ini ialah Spanyol yang terkenal sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban Islam, hanya enjadi kenangan sejarah, bahkan umat Islam meninggalkan Spanyol untuk mencari penghidupan yang lebih aman.

7.      Peranan Andalusia sebagai pusat pengembangan Islam Eropa.
Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Bidang Da’wah
1)      Selama Islam berkuasa di  Andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
2)      Atas kebijakan dari penguasa Islam di Andalusia tentang penyebarluaskan agama tidak sedikit Kaum Kristen di Spanyol memluk agama Islam atas kemauannya sendiri.
  1. Bidang Pendidikan
1)      Pada masa kekuasaan Islam diantaranya lahir para cendekiawan muslim yang sangat ahli dalam bidang :
    1. Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    2. Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
    3. Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
    4. Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr
2)      Pada masa Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah.
3)      Untuk menunjang kegiatan ilmu pengetahuan mempergiat penelitian serta perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.





























105 komentar:

  1. Beliau merupakan pendiri daulat Bani Umayah di spanyol pada tahun 138H = 757M. belaiau berjasa dalam bidang agama dengan membangun Masjid yang megah di Cordova yaitu Mashid Al Hambra.
    Beliau juga berhasil membangun lahan pertanian dengan irigasi yang baik sehingga kesejahteraan rakyat tercukupi.

    BalasHapus
  2. Menyebarkan agama islam di spanyol memang tergolong lama dan harus melewati tantangan-tantangan tertentu,seperti yg diatas:
    harus menghadapi orang-orang kristen atau yang selain islam.
    banyak tokoh-tokoh islam dalam peradaban penyebar agama islam di spanyol yang mampu membangun masid-masjid megah yang sedah terkenal seperti masjid Al-Hambra begitupun para tokohnya seperti:
    1.Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    2.Bidang filsafat yaitu Ibnu rusyah,ibnu bajjah,ibnu thufail
    3.Bidang geografi yaitu Al adrisi
    4.Bidang fisika yaitu Ibnu zuhr
    namun sebelum setelah itu pepecahan terjadi karena di latar belakangi oleh kuasa-kuasa kecil untuk memisahkan diri karena ingin menjadi raja-raja kecil.
    islam di Andalusia memiliki peran islam di Eropa.
    menjadikan kita sebagai umat muslim harus membela keimanan kita untuk membentuk suatu diri kita yang lebih baik dan akan terus baik^_^

    BalasHapus
  3. Dampak dari pengadilan darah ini ialah Spanyol yang terkenal sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban Islam, hanya enjadi kenangan sejarah, bahkan umat Islam meninggalkan Spanyol untuk mencari penghidupan yang lebih aman.

    BalasHapus
  4. Pemerintahan Muwahidin (540 – 634H = 1149 – 1243M)
    Akibat runtuhnya kekuasaan Daulat Murobbitin, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh Abdul Mu’min dari Afrika untuk mengambil alih kekuasaan di Spanyol.
    Kholifah Daulat Muwahidin yang pertama adalah Abdul Mu’min, Daulat Muwahidin mencapai puncak zaman keemasan ketika dipimpin oleh Yo’kub bin Yusuf bin Abdul Mu’min.
    Adapun diantara usaha Kholifah Yo’kub bin Yusuf dalam memajukan peradaban Islam adalah sebagai berikut :
    a. Membangun dan menambah banyak masjid dan rumah sakit
    b. Memajukan ilmu pengetahuan, sehingga pada masa itu lahir para ulama yang mashur diantaranya Ibnu Rusyd.
    c. Pada tahun 592H=1201M Yokub bin Yusuf berhasil merebut kembali daerah-daerah Islam di Spanyol dari Cengkraman Raja Alfonso VII.
    Setelah Kholifah Yokub bin Yusuf diganti putranya yang bernama Muhammad dengan gelar Nashir, mulailah penurunan peran Daulat Muwahidin. Hal ini terjadi karena factor kelemahan dalam kepemimpinan Kholifah Muhammad juga karena adanya serangan dari pasukan Salib dari raja-raja Kristen yang dikoordinir oleh paus Innocentous III.
    Pada tahun 609H=1218M di Las Navas peperangan terjadi dibawah pimpinan Raja Alfonso VII dan umat Islam mengalami kekalahan sehingga Daulat Muwahidin mengalami keruntuhan.

    BalasHapus
  5. Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab beliau pantas mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah

    BalasHapus
  6. YUSUF ISMAIL 27 juli 2012 14:00

    Selama delapan abad, Islam berjaya di bumi Eropa (Andalusia), maka pada saatnya Islam yang pernah membangun peradaban yang cukup gemilang itu harus runtuh dan tersungkur di tanah Eropa. Peradaban Islam yang telah di bangun dengan susah payah dan kerja keras kaum muslimin itu, harus ditinggalkan dan dilepas begitu saja karena kelemahan-kelemahan yang terjadi di kalangan kaum muslimin sendiri, dan karena kegigihan bangsa barat / Eropa untuk merebut dan meruntuhkan peradaban Islam

    BalasHapus
  7. Akibat runtuhnya kekuasaan Daulat Murobbitin, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh Abdul Mu’min dari Afrika untuk mengambil alih kekuasaan di Spanyol.
    Kholifah Daulat Muwahidin yang pertama adalah Abdul Mu’min, Daulat Muwahidin mencapai puncak zaman keemasan ketika dipimpin oleh Yo’kub bin Yusuf bin Abdul Mu’min.

    BalasHapus
  8. Ketika Daulat Bumi Umayah Abbasiyah berkuasa, maka para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umyah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia (Spanyol).

    BalasHapus
  9. Masuknya Islam di Andalusia
    dibawa oleh Thoriq bin Ziad dan Musa bin Nusair pada masa Walid bin Abdul Malik
    setelah berkuasa VIII abad,islam arus tergusur oleh kerajaan Kristen,bahkan umat islam tertindas.
    Kekuasaan islam runtuh karena adanya perpecahan dan penindasan oleh kerajaan Kristen
    Umat islam harus menerima Mahkamah Tafsis yaitu Pengadilan Darah, ketika menerima pengadilan daulat umat Islam disuruh memilih alternative yaitu :
    a. Orang Islam harus masuk Kristen
    b. Keluar dari Spanyol
    c. Rela mati dibunuh oleh raja Kristen

    namun Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :
    a.Bidang Da’wah
    b.Bidang Pendidikan
    sangat disayangkan,jika islam masih berkuasa mungkin saat ini spanyol menjadi salah satu Negara islam

    BalasHapus
  10. sangat disayangkan,jika islam masih berkuasa mungkin saat ini spanyol menjadi salah satu Negara islam

    BalasHapus
  11. *Islam di Andalusia dibawa oleh Thoriq bin Ziad dan Musa bin Nusair pada masa Walid bin Abdul Malik. Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan dan dapat mendirikan Negara Islam di spanyol karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Andalusia dijadikan tempat ideal dan pusat pengembangan budaya islam
    *Khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah yang Berjasa di Spanyol
    a.Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H = 757M-791M)
    b. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H =179M-799M)
    c.Abdurrahman III (300H-350H = 911M – 961M)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.

      Hapus
  12. Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Bidang Da’wah

    1) Selama Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
    2) Atas kebijakan dari penguasa Islam di Andalusia tentang penyebarluaskan agama tidak sedikit Kaum Kristen di Spanyol memluk agama Islam atas kemauannya sendiri.

    2. Bidang Pendidikan

    1) Pada masa kekuasaan Islam diantaranya lahir para cendekiawan muslim yang sangat ahli dalam bidang :

    1. Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    2. Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
    3. Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
    4. Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr

    2) Pada masa Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah.
    3) Untuk menunjang kegiatan ilmu pengetahuan mempergiat penelitian serta perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.

    BalasHapus
  13. islam dapat menguasai dan memimpin di bumi spanyol(andalusia) merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi umat islam, karena di andalusia sendiri terkenal denagan penduduknya yang beragama kristen.islam dapat berkuasa di andalusia sekitar 8 abad, dan sekarang islam hanya menjadi agama minoritas di sana, walaupun begitu islam pasti akan menjadi agama yang besar di andalusia,dan andalusia akan menjadi pusat agama islam di eropa

    BalasHapus
  14. penaklukkan andalusia tidak terlepas dari peran besar seorang Thariq bin Ziyad.
    Thariq bin Ziyad bin Abdullah bin Walgho bin Walfajun bin Niber Ghasin bin Walhas bin Yathufat bin Nafzau adalah putra suku Ash-Shadaf, suku Barbar, penduduk asli daerah Al-Atlas, Afrika Utara. Ia lahir sekitar tahun 50 Hijriah. Ia ahli menunggang kuda, menggunakan senjata, dan ilmu bela diri. Beliau adalah seorang jendral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan sekitarnya) pada tahun 711 M.

    Pada tanggal 29 April 711, pasukan tariq mendarat di Gibraltar (nama gibraltar berasal dari bahasa Arab, Jabal Tariq yang artinya gunung Tariq)

    kepemimpinannya sungguh sangat luar biasa.
    tercermin dari kata - katanya sebagai berikut
    "Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran."

    BalasHapus
  15. Sungguh saya sangat bangga dengan sejarah ini walaupun akhirnya kejayaan islam di andalusia harus diakhiri dengan pengadilan darah,akan tetapi itu dapat memotivasi diri saya unutuk terus belajar dan beribadah

    BalasHapus
  16. Sebelum Daulah Murobbitin berkuasa di Spanyol, Spanyol berada dibawah kekuasaan raja-raja kecil yang disebut Mukukut Thowif, misalnya :

    Ibnu Jahur di Cordova
    Bani Ibad di Sevilla
    Bani Zinnun di Toledo
    Bani Hud di andalussia Timur
    Daulat Zawizin di Granada

    Karena tidak ada kesejahteraan dan kesepakatan antara raja-raja kecil tersebut, maka mereka tidak dapat bersatu dalam mengembangkan Islam. Setelah raja-raja Kristen yang dikoordinir oleh Raja Alfonso dan didukung raja-raja Kristen Eropa bersatu untuk melakukan perlawanan, mereka mulai bangkit dan menyatukan diri untuk mempertahankan wilayah Islam.
    Sejarah mencatat meskipun raja-raja kecil sudah bersatu dalam mempertahankan serangan dari raja-raja Kristen. Namun mereka tidak mampu,m karena itu merka bersepakat untuk meminta bantuan kepada penguasa Islam di Afrika Utara yakni Daulat

    BalasHapus
  17. Ketika Daulat Bumi Umayah Abbasiyah berkuasa, maka para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umyah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia (Spanyol).
    Pada tahun 139H = 758M Abdurrahman Al Bakhil dengan dibantu Kabilah Arab mampu mengalahkan Yusuf bin Abdurrahman Al Fikry, Kholifah di Andalusia ketika itu. Setelah itu Abdurrahman Al Dakhil mendirikan Negara Islam Spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan Bani Umayah di Damaskus yang telah dikalahkan oleh Bani abbasiyah pada tahun 132H = 751M.
    Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah memberi gelar Saqar Quraisy kepada Abdurrahman bin Muawiyah yang berarti Rajawali Quraisy yang mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Spanyol.

    BalasHapus
  18. Akibat runtuhnya kekuasaan Daulat Murobbitin, maka kesempatan ini dimanfaatkan oleh Abdul Mu’min dari Afrika untuk mengambil alih kekuasaan di Spanyol.
    Kholifah Daulat Muwahidin yang pertama adalah Abdul Mu’min, Daulat Muwahidin mencapai puncak zaman keemasan ketika dipimpin oleh Yo’kub bin Yusuf bin Abdul Mu’min.
    Adapun diantara usaha Kholifah Yo’kub bin Yusuf dalam memajukan peradaban Islam adalah sebagai berikut :
    a. Membangun dan menambah banyak masjid dan rumah sakit
    b. Memajukan ilmu pengetahuan, sehingga pada masa itu lahir para ulama yang mashur diantaranya Ibnu Rusyd.
    c. Pada tahun 592H=1201M Yokub bin Yusuf berhasil merebut kembali daerah-daerah Islam di Spanyol dari Cengkraman Raja Alfonso VII.

    BalasHapus
  19. ISLAM DI ANDALUSIA

    Dari : BAYU AJI SAPUTRO ( XI TKR)

    Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada tahun 711 M, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus.

    Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. Hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732 M). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis bagian selatan yang disebut sekarang.

    A. Perkembangan Politik

    Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali Yusuf Al-Fihri (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an M, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Dan pada tahun 746 M, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.

    Pada tahun 750 M, bani Abbasiyah menjatuhkan pemerintahan Umayyah di Damaskus, dan merebut kekuasaan atas daerah-daerah Arabia. Namun pada tahun 756 M, Abdurrahman I (Ad-Dakhil) melengserkan Yusuf Al-Fihri, dan menjadi penguasa Kordoba dengan gelar Amir Kordoba. Abdurrahman menolak untuk tunduk kepada kekhalifahan Abbasiyah yang baru terbentuk, karena pasukan Abbasiyah telah membunuh sebagian besar keluarganya.

    Ia memerintah selama 30 tahun, namun memiliki kekuasaan yang lemah di Al-Andalus dan ia berusaha menekan perlawanan dari pendukung Al-Fihri maupun khalifah Abbasiyah.

    Selama satu setengah abad berikutnya, keturunannya menggantikannya sebagai Amir Kordoba, yang memiliki kekuasaan tertulis atas seluruh Al-Andalus bahkan kadang-kadang meliputi Afrika Utara bagian barat. Pada kenyataannya, kekuasaan Amir Kordoba, terutama di daerah yang berbatasan dengan kaum Kristen, sering mengalami naik-turun politik, itu tergantung kecakapan dari sang Amir yang sedang berkuasa. Amir Abdullah bin Muhammad bahkan hanya memiliki kekuasaan atas Kordoba saja.

    BalasHapus
  20. saya juga ikut bangga. karena di bidang bahasa dan sastra, bahas Arab merupakan bahasa administrasi bagi pemerintahan Islam Spanyol. Hal itu dapat diterima oleh orang-orang Islam dan muslim di negeri itu termasuk penduduk asli. Di antara tokoh yang terkenal pada masa itu adalah Ibn Malik pengarang kitab “Alfiyah”, Ibn Khuru, Ibn Al-Haj, dan sebagainya, sedangkan tokoh sastranya antara lain Ibn Abdi Rabah dengan bukunya Al-Iqd al-Farid, Ibn Basam dengan bukunya Al-Dzakirah fi Miahasin al-Jazirah, dan Al-Fath Ibn al-Haqan dengan karangannya Al-Qalaid.

    BalasHapus
  21. dari mansur xi tkr

    Pemerintahan Islam di Andalusia juga mengembangkan dan membangun beberapa lembaga berikut sarana dan prasarananya, misalnya membangun tropong bintang di Cordova, membangun pasar dan jembatan, melakukan upaya pengendalian banjir dan penyimpanan air hujan, membangun sistem irigasi hidrolik dengan menggunakan roda air (water wheel), memperkenalkan tanaman padi dan jeruk, dan mendirikan pabrik-pabrik tekstil, kulit, logam, dan lainnya.

    BalasHapus
  22. dari: ahmad rivai (XI) tkr

    Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
    Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.
    Dengan dukungan Gubernur Afrika Utara Musa bin Nushair penaklukan diteruskan ke kota Surogossa dan Barcelona sampai kekaki pegunungan Pyrenia, yang memisahkan Spanyol dengan kerjaan Franka (Perancis).

    BalasHapus
  23. Masuknya islam di andalusia/spanyol banyak di pengaruhi oleh para khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah yg sangat berjasa dan tanpa mereka mungkin agama islam di andalusia akan sulit tersabar dan jasa-jasa dari para khalifah tsb diantaranya adalah :
    1. Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H=757M-791M)
    Beliau berjasa dalam mendirikan masjid yg megah di Cordova yaitu masjid Al Hambra.
    2. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H=179M-799M)
    Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, beliau menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh negara.
    3. Abdurrahman III (300H-350H=911M-961M)
    Beliau berjasa memberi pertolongan berupa maaf kepada para pemberontak islam, Beliau mendapat gelar Al Nashir yg artinya penolong.
    Dengan jasa para khalifah-khalifah tsb islam di andalusia menjadi pesat perkembangannya.

    BalasHapus
  24. dari: ahmad rivai (XI) tkr

    Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
    Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.
    Dengan dukungan Gubernur Afrika Utara Musa bin Nushair penaklukan diteruskan ke kota Surogossa dan Barcelona sampai kekaki pegunungan Pyrenia, yang memisahkan Spanyol dengan kerjaan Franka (Perancis).

    BalasHapus
  25. Pada tahun 139H = 758M Abdurrahman Al Bakhil dengan dibantu Kabilah Arab mampu mengalahkan Yusuf bin Abdurrahman Al Fikry, Kholifah di Andalusia ketika itu. Setelah itu Abdurrahman Al Dakhil mendirikan Negara Islam Spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan Bani Umayah di Damaskus yang telah dikalahkan oleh Bani abbasiyah pada tahun 132H = 751M.
    Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah memberi gelar Saqar Quraisy kepada Abdurrahman bin Muawiyah yang berarti Rajawali Quraisy yang mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Spanyol.

    BalasHapus
  26. Andalusia berperan dalam pengembangan islam di indonesia.dalam bidang pendidikan yaitu:
    Bidang tafsir(Ibnu athiyah)
    Bidang geografi(Al-idrisi)
    Bidang fisika(Ibnu Zuhr)
    B.bidang dakwah
    selama islam berkuasa di andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal dicardova yaitu mazjid al hambra

    BalasHapus
  27. Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.

    Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

    1. Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    2. Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    BalasHapus
  28. para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umayah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia.
    Pada tahun 139H = 758M Abdurrahman Al Bakhil dengan dibantu Kabilah Arab mampu mengalahkan Yusuf bin Abdurrahman Al Fikry, Kholifah di Andalusia ketika itu. Setelah itu Abdurrahman Al Dakhil mendirikan Negara Islam Spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan Bani Umayah di Damaskus yang telah dikalahkan oleh Bani abbasiyah pada tahun 132H = 751M.
    Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abasiyah.
    Sekarang negara islam spanyol telah bertambah umat islamnya dan semoga bertambah dan selalu bertambah dan tidak dikurangi sedikit pun karena agama islam adalah agama yang di ridhoi oleh Allah subhanahuwata'ala dan agama yang di sebarkan oleh para Nabi dan Rosul serta para Waliyullah

    BalasHapus
  29. semangat para pejuang dakwah slam sangatlah berkobar.......meskipun banyak nyawa yg di korbankan tetapi beliau sanggup melakukannya....... andalusia contohnya....... tempat tersebut telah mnjadi saksi sejarah islam meskipun harus bertumpahkan darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
      Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

      1. Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
      2. Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

      Hapus
    2. Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
      Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

      1. Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
      2. Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

      Hapus
  30. ada tahun 139H = 758M Abdurrahman Al Bakhil dengan dibantu Kabilah Arab mampu mengalahkan Yusuf bin Abdurrahman Al Fikry, Kholifah di Andalusia ketika itu. Setelah itu Abdurrahman Al Dakhil mendirikan Negara Islam Spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan Bani Umayah di Damaskus yang telah dikalahkan oleh Bani abbasiyah pada tahun 132H = 751M.
    Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah memberi gelar Saqar Quraisy kepada Abdurrahman bin Muawiyah yang berarti Rajawali Quraisy yang mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Spanyol.

    BalasHapus
  31. Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
    Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

    Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    BalasHapus
  32. Setelah berakhirnya periode klasik Islam, ketika Islam mulai memasuki masa kemunduran, Eropa bangkit dari keterbelakangannya. Kebangkitan itu bukan saja terlihat dalam bidang politik dengan keberhasilan Eropa mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dan bagian dunia lainnya, tetapi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan, kemajuan dalam bidang ilmu dan teknologi itulah yang mendukung keberhasilan politiknya. Kemajuan-kemajuan Eropa ini tidak bisa dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol. Dari Spanyol Islamlah Eropa banyak menimba ilmu. Pada periode klasik, ketika Islam mencapai masa sangat penting, menyaingi Baghdad di Timur. Ketika itu, orang-orang Eropa Kristen banyak belajar di perguruan-perguruan tinggi Islam di sana. Islam menjadi “guru” bagi orang Eropa. Karena itu, kehadiran Islam di Spanyol banyak menarik perhatian para sejarawan.

    BalasHapus
  33. komentar dari tofa


    masuknya islam di Andalusia terjadi pada masa pemerintahan walit bin abdul malik. setelah islam masuk di andalusia berkat kegigihan abdurrahman mengalahkan yusuf bin abdulrahman Al fikri kemudian beliau mendirikan negara islam sepanyol. selain itu khalifah khalifah yang berjasa
    A. abdulrahman Al dhakil
    B. hisyam ibnu abdulrahman
    C. abdulrahmanIII
    lambat laung kekuasaan islam beralih kepada kristen maka punahlah panji panji islam di spanyol. walaupun demikian ajaran islam sudah memiliki peran cukup dalam pengembangan islam di eropa. sehingga kita perlu bersyukur bahwa eropa pernah menjadi negara islam. sejarah islam di andalusia ini bisa memberi pelajaran yg sangat berharga. saya teringat kata kata mutiara "bila suatu negara rakyatnya menghargai sejarah maka negara itu akan makmur dan sejahtera dan bila suatu negara tidak menghargai sejarah pasti kebalikanya". semoga islam di indonesia berkembangt dengan pasat dan maju selain itu semoga orang muslim di Indonesia menerapkan agama islam di kehidupa sehari hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peranan Andalusia sebagai pusat pengembangan Islam Eropa.
      Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :

      1. Bidang Da’wah

      1) Selama Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
      2) Atas kebijakan dari penguasa Islam di Andalusia tentang penyebarluaskan agama tidak sedikit Kaum Kristen di Spanyol memluk agama Islam atas kemauannya sendiri.

      2. Bidang Pendidikan

      1) Pada masa kekuasaan Islam diantaranya lahir para cendekiawan muslim yang sangat ahli dalam bidang :

      1. Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
      2. Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
      3. Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
      4. Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr

      2) Pada masa Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah.
      3) Untuk menunjang kegiatan ilmu pengetahuan mempergiat penelitian serta perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.

      Hapus
  34. agama islam masuk ke andalusia bi bawa oleh thoriq bin ziad dan mosa bin nusair pada masa walid bin abdul.
    sebab sebab runtuhnya agama islam di andalusia adalah : orang islam harus masuk ke agama kristen.

    BalasHapus
  35. agama islam masuk ke andalusia di bawa oleh thoriq bin ziad dan mosa bin nusair pada masa walid bin abdul.


    bahwasanya konflik internal yang berujung perebutan kekuasaan terjadi di antara para pemimpin muslim. Umat Islam menjadi lemah. Akhirnya, Raja Ferdinand dan isterinya Ratu Isabella berhasil menaklukkan kekuasaan Islam setelah Granada, benteng terakhir kaum muslimin di Andalusia, jatuh ke tangan bangsa Eropa yang kafir. Daulah Umayyah II juga mengalami keruntuhan akibat perebutan kekuasaan.
    Meskipun penyebab terburuknya adalah serangan kaum Kristen, namun kondisi umat.Islam di Andalusia saat itu sedang melemah sedangkan kondisi umat Kristen berada dalam kemajuan yang pesat. Dan Dalam masa lebih dari tujuh abad kekuasaan Islam di Spanyol, umat Islam telah mencapai kejayaannya di sana. Banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan kemudian dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks. Tapi pada abad ke – 10 M dunia Islam mulai menampakkan tanda-tanda kemunduran, begitu juga peradabannya. Kemunduran itu terjadi setapak demi setapak, sehingga pada pertengahan abad ke – 12 M, tibalah saatnya masa keruntuhan Islam

    BalasHapus
  36. Khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah di Spanyol yang Berjasa

    a. Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H = 757M-791M)
    Beliau merupakan pendiri daulat Bani Umayah di spanyol pada tahun 138H = 757M. belaiau berjasa dalam bidang agama dengan membangun Masjid yang megah di Cordova yaitu Mashid Al Hambra.
    Beliau juga berhasil membangun lahan pertanian dengan irigasi yang baik sehingga kesejahteraan rakyat tercukupi.

    b. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H =179M-799M)
    Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, dengan memajukan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan penelitian.
    Hisyam Ibnu Abdurrahman adalah seorang Khalifah yang menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh Negara.

    c. Abdurrahman III (300H-350H = 911M – 961M)
    Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.

    BalasHapus
  37. NAMA : HARITS STIADI
    KELAS: XI_TKR

    Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
    Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

    Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    BalasHapus
  38. Kemajuan Intelektual

    Spanyol adalah negeri yang subur. Kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir.

    Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari :

    - Komunitas-komunitas Arab (Utara dan Selatan)

    - Al-Muwalladun (orang-orang Spanyol yang masuk Islam)

    - Barbar (umat Islam yang berasal dari Afrika Utara)

    - Al-Shaqalibah (tentara bayaran yang dijual Jerman kepada penguasa Islam)

    - Yahudi

    - Kristen Muzareb yang berbudaya Arab

    - Kristen yang masih menentang kehadiran Islam

    BalasHapus
  39. Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari dinasti Bani Umayah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman Khalifah Abdul Malik (685-705 M). Khalifah Abd al-Malik mengangkat Hasan ibn Nu’man al-Ghassani menjadi gubernur di daerah itu. Pada masa Khalifah al-Walid, Hasan ibn Nu’man sudah digantikan oleh Musa ibn Nushair. Di zaman al-Walid itu, Musa ibn Nushair memperluas wilayah kekuasaannya dengan menduduki Aljazair dan Maroko. Selain itu, ia juga menyempurnakan penaklukan ke daerah-daerah bekas kekuasaan bangsa Barbar di pegunungan-pegunungan. Penaklukan atas wilayah Afrika Utara itu dari pertama kali dikalahkan sampai menjadi salah satu provinsi dari Khalifah Bani Umayah memakan waktu selama 53 tahun, yaitu mulai tahun 30 H (masa pemerintahan Muawiyah ibn Abi Sufyan) sampai tahun 83 H (masa al-Walid). Sebelum dikalahkan dan kemudian dikuasai Islam, dikawasan ini terdapat kantung-kantung yang menjadi basis kekuasaan kerajaan Romawi, yaitu kerajaan Gotik.

    BalasHapus
  40. Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa memimpin satuan-satuan pasukan ke sana. Mereka adalah Tharif ibn Malik, Tharik ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair. Tharif dapat disebut sebagai perintis dan penyelidik. Ia menyeberangi selat yang berada diantara Maroko dan benua Eropa itu dengan satu pasukan perang lima ratus orang di antaranya adalah tentara berkuda, mereka menaiki empat buah kapal yang disediakan oleh Julian. Ia menang dan kembali ke Afrika Utara membawa harta rampasan yang tidak sedikit jumlahnya. Didorong oleh keberhasilan Tharif dan kemelut yang terjadi dalam tubuh kerajaan Visigothic yang berkuasa di Spanyol pada saat itu, serta dorongan yang besar untuk memperoleh harta rampasan perang, Musa ibn Nushair pada tahun 711 M mengirim pasukan ke Spanyol sebanyak 7000 orang di bawah pimpinan Thariq ibn Ziyad.

    BalasHapus
  41. Umat Islam di Spanyol telah mencapai kejayaan yang gemilang, banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan juga dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks, terutama dalam hal kemajuan intelektual.
    Spanyol adalah negeri yang subur. Kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir.

    Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari :

    - Komunitas-komunitas Arab (Utara dan Selatan)

    - Al-Muwalladun (orang-orang Spanyol yang masuk Islam)

    - Barbar (umat Islam yang berasal dari Afrika Utara)

    - Al-Shaqalibah (tentara bayaran yang dijual Jerman kepada penguasa Islam)

    - Yahudi

    - Kristen Muzareb yang berbudaya Arab

    - Kristen yang masih menentang kehadiran Islam

    Semua komunitas itu, kecuali yang terakhir, memberikan saham intelektual terhadap terbentuknya lingkungan budaya Andalus yang melahirkan Kebangkitan Ilmiah, sastra, dan pembangunan fisik di Andalusia - Spanyol.

    By : iwan Muhlasin _ XI TAV A,
    wahh,, untuk kelas XI TAV A mana ya,,,

    BalasHapus
  42. Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. Hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732 M). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis bagian selatan yang disebut sekarang

    BalasHapus
  43. Penyebab Kemunduran Dan Kehancuran

    § Konflik Islam dengan Kristen
    § Tidak adanya Ideologi Pemersatu
    § Kesulitan Ekonomi
    § Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
    § Keterpencilan.[3]

    Namun ada faktor lain yang menyebabkan kemunduran kebudayaan islam yaitu:
    § Kelemahan dibidang politik
    § Munculnya orang-orang Moghul
    § Munculnya unsur Turki
    § Ditemukannya Mesiu.[4]

    XI TAV B

    BalasHapus
  44. ISLAM DI ANDALUSIA

    Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada tahun 711 M, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus.

    BalasHapus
  45. Buruknya kondisi sosial, ekonomi, dan keagamaan tersebut terutama disebabkan oleh keadaan politik yang kacau. Kondisi terburuk terjadi pada masa pemerintahan Raja Roderick, Raja Goth terakhir yang dikalahkan Islam. Awal kehancuran kerajaan Ghoth adalah ketika Raja Roderick memindahkan ibu kota negaranya dari Seville ke Toledo, sementara Witiza, yang saat itu menjadi penguasa atas wilayah Toledo, diberhentikan begitu saja. Keadaan ini memancing amarah dari Oppas dan Achila, kakak dan anak Witiza. Keduanya kemudian bangkit menghimpun kekuatan untuk menjatuhkan Roderick. Mereka pergi ke Afrika Utara dan bergabung dengan kaum muslimin.

    BalasHapus
  46. Peranan Andalusia sebagai pusat pengembangan Islam Eropa.
    Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :
    Bidang Da’wah
    1) Selama Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
    2) Atas kebijakan dari penguasa Islam di Andalusia tentang penyebarluaskan agama tidak sedikit Kaum Kristen di Spanyol memluk agama Islam atas kemauannya sendiri.
    Bidang Pendidikan
    1) Pada masa kekuasaan Islam diantaranya lahir para cendekiawan muslim yang sangat ahli dalam bidang :
    Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
    Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
    Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr
    2) Pada masa Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah.
    3) Untuk menunjang kegiatan ilmu pengetahuan mempergiat penelitian serta perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.

    Rahmad Nur Ihsan
    XI TAV B

    BalasHapus
  47. pda thn 139KH-758M abdurrahman al bakhil dngan dibantu kabilah arab mampu mengalahkan yusuf bin abdurrahman al fikry, setelah itu abdurrohman al dakhil mendirikan agama islam spanyol sebagai kelanjutan dari kekuasaan bani umayas di damaskus yang telah dikalahkan oleh bani abbasiyah pda thn 132H-751M.

    BalasHapus
  48. Setelah pemerintahan kholifah Abdurrahman 3 (An nashir)berakhir,Tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti kholifah sebelumnya..
    Akibatnya muncul gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah di pusat(Cordova)

    KHAMID.A.Q
    X| EKA B
    29 JULI 2012

    BalasHapus
  49. menurut saya islam diandalusia spanyol sangat berkembang pesat dalam waktu 8 tahun dan para khalifah sangat berperan besar dalam perkembangan islam dispanyol
    ANNISA CAHYA INSANI XI TAV B

    BalasHapus
  50. menurut saya islam andalusia menjadi pusat penyebaran islam dieropa dan memiliki peran yg cukup atas perkembangan islam yg begitu sangat luas sehinnga islam tersebar dmnapun dan sangat pesat
    IRMA WINDARTI X1 TAV A

    BalasHapus
  51. menurut saya Peradaban Islam yang telah di bangun dengan susah payah dan kerja keras kaum muslimin itu, harus ditinggalkan dan dilepas begitu saja karena kelemahan-kelemahan yang terjadi di kalangan kaum muslimin sendiri, dan karena kegigihan bangsa barat / Eropa untuk merebut dan meruntuhkan peradaban Islam ANIFAH TRI WAHYUNI X1 TAV B

    BalasHapus
  52. Faktor-faktor pendukung kemajuan Spanyol Islam, diantaranya kemajuannya sangat ditentukan oleh adanya penguasa-penguasa yang kuat dan berwibawa, yang mampu mempersatukan kekuatan-kekuatan umat Islam, seperti Abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman al-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nashir.

    Budi santoso XI TAV A

    BalasHapus
  53. Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali Yusuf Al-Fihri (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an M, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Dan pada tahun 746 M, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.

    Pada tahun 750 M, bani Abbasiyah menjatuhkan pemerintahan Umayyah di Damaskus, dan merebut kekuasaan atas daerah-daerah Arabia. Namun pada tahun 756 M, Abdurrahman I (Ad-Dakhil) melengserkan Yusuf Al-Fihri, dan menjadi penguasa Kordoba dengan gelar Amir Kordoba. Abdurrahman menolak untuk tunduk kepada kekhalifahan Abbasiyah yang baru terbentuk, karena pasukan Abbasiyah telah membunuh sebagian besar keluarganya.

    BalasHapus
  54. Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada tahun 711 M, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus.

    Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. Hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732 M). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis bagian selatan yang disebut sekarang

    BalasHapus
  55. menurut saya kemunduran dan kehancuran Islam di Spanyol antara lain, konflik Islam dengan Kristen,tidak adanya Ideologi pemersatu, kesulitan ekonomi, tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan keterpencilan.

    BalasHapus
  56. Andalusia - Spanyol diduduki umat Islam pada zaman khalifah Al-Walid Rahimahullah (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus, dimana Ummat Islam sebelumnya telah mengusasi Afrika Utara. Dalam proses penaklukan Spanyol ini terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa yaitu Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair Rahimahullahum ajma’in.

    Tharif dapat disebut sebagai perintis dan penyelidik. Ia menyeberangi selat yang berada di antara Maroko dan benua Eropa itu dengan satu pasukan perang, lima ratus orang diantaranya adalah tentara berkuda, mereka menaiki empat buah kapal yang disediakan oleh Julian.

    BalasHapus
  57. Islam pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711 M melalui jalur Afrika Utara. Wilayah Andalusia yang sekarang disebut dengan Spanyol diujung selatan benua Eropa, masuk kedalam kekuasaan dinasti bani Umayah semenjak Tariq bin Ziyad, bawahan Musa bin Nushair gubernur Qairuwan, mengalahkan pasukan Spanyol pimpinan Roderik Raja bangsa Gothia (92 H/ 711 M). Spanyol diduduki umat islam pada zaman kholifah Al-Walid (705-715), salah seorang khalifah dari Bani Umayah yang berpusat di Damaskus.
    namun sayang, islam tak bisa bertahan di spanyol.

    Fatonah , kelas XI TAV B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  58. masuknya islam diandalusia yaitu Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, islam telah berkembang di spanyol pada masa bani umayah para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umyah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia (Spanyol).
    kita harus berterimakasih kpd para khalifah karena atas jasa-jasanya islam bisa masuk ke andalusia dngn mudah, karena kegigihan dan pengorbanan para khalifah islam sudah berkembang pesat sampai kepenjuru dunia, maka kita hrus mneladani kerja keras para khalifah yang penuh pengorbanan dan kesabaran,

    BalasHapus
  59. Umat Islam di Spanyol telah mencapai kejayaan yang sangat baik, banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan juga dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks, terutama dalam hal kemajuan intelektual.
    Spanyol adalah negeri yang subur. Kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir.dalam kepemimpinannya khalifah berusaha untuk memeimpin dengan baik dan akhirnya runtuh pada kekuasaan Bani ahmar

    BalasHapus
  60. Sangat memprihatinkan , dengan keadaan islam yang jaya dan berprerstasi di Spanyol dan sempat terkenal karena delapan abad di spanyol, menjadi runtuh. semoga di indonesia tidak begitu. aminn

    BalasHapus
  61. pendapat saya kehancuran Islam di Spanyol di sebabkan oleh, konflik Islam dengan Kristen,tidak adanya Ideologi pemersatu, kesulitan ekonomi, dan tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan keterpencilan.

    Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali Yusuf Al-Fihri (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an M, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Dan pada tahun 746 M, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.

    melawati XI TAV A

    BalasHapus
  62. menurut saya,islam di andalusia berkembang sangat pesat.yang dikuasai oleh Yusuf al fahri.islam telah berkembang di spayol pada masa bani umayah.slam diandalusia spanyol sangat berkembang pesat dalam waktu 8 tahun dan para khalifah sangat berperan besar dalam perkembangan islam dispanyol erjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. islam diandalusia dibawa olehthriq bin zaid dan musa bin nusair pada masa walid bin abdul malik.thariq dan pasukanya mendarat disebuah gunungyang kemudian disebut jabal thariq.Peranan Andalusia sebagai pusat pengembangan Islam Eropa.
      Kekuasaan Islam di Andalusia sudah memiliki peran yang cukup dalam pengembangan Islam di Eropa diantaranya adalah sebagai berikut :

      1. Bidang Da’wah

      1) Selama Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
      2) Atas kebijakan dari penguasa Islam di Andalusia tentang penyebarluaskan agama tidak sedikit Kaum Kristen di Spanyol memluk agama Islam atas kemauannya sendiri.

      2. Bidang Pendidikan

      1) Pada masa kekuasaan Islam diantaranya lahir para cendekiawan muslim yang sangat ahli dalam bidang :

      1. Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
      2. Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
      3. Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
      4. Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr

      2) Pada masa Islam berkuasa di Andalusia telah dibangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah.
      3) Untuk menunjang kegiatan ilmu pengetahuan mempergiat penelitian serta perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.
      Khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah di Spanyol yang Berjasa

      a. Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H = 757M-791M)
      Beliau merupakan pendiri daulat Bani Umayah di spanyol pada tahun 138H = 757M. belaiau berjasa dalam bidang agama dengan membangun Masjid yang megah di Cordova yaitu Mashid Al Hambra.
      Beliau juga berhasil membangun lahan pertanian dengan irigasi yang baik sehingga kesejahteraan rakyat tercukupi.

      b. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H =179M-799M)
      Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, dengan memajukan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan penelitian.
      Hisyam Ibnu Abdurrahman adalah seorang Khalifah yang menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh Negara.

      c. Abdurrahman III (300H-350H = 911M – 961M)
      Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.

      Hapus
    2. halahh,,, dawa bangett,, siap" presentasi.....

      Hapus
  63. pendapat saya kehancuran Islam di Spanyol di sebabkan oleh, konflik Islam dengan Kristen,tidak adanya Ideologi pemersatu, kesulitan ekonomi, dan tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan keterpencilan.

    Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali Yusuf Al-Fihri (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an M, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Dan pada tahun 746 M, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.

    Yuli I TAV B

    BalasHapus
  64. Saat ini, jika Ada yg bertanya Muslim yang tahu sesuatu tentang sejarah Andalusia bagaimana perasaan mereka tentang hal itu, beberapa akan mengakui kerinduan nostalgia untuk mengembalikan Islam Spanyol. Ada banyak Muslim dari berbagai negara sekarang tinggal di Spanyol, tetapi ada juga umat Katolik Spanyol mantan yang telah masuk Islam, mengklaim telah pulih akar Muslim mereka (orang lain tidak membuat tuntutan seperti itu tetapi, kecewa dengan agama Kristen, telah menemukan keyakinan baru dalam Qur'an 'an). Para mualaf sebagian besar terkonsentrasi di Granada, Córdoba, dan masyarakat Andalusia lainnya, dan secara keseluruhan berusaha untuk hidup damai dengan tetangga Kristen mereka.
    Semoga Islam tetap jaya di bumiIndonesia.

    Siti Nurhidayati XI TAV A

    BalasHapus
  65. Daulat Bani Umayah berkuasa di Spanyol selama + 273 tahun. Meskipun telah berhasil memajukan peradaban Islam, namun setelah pemerintahan Kholifah Abdurrahman III (An-Nashir) berakhir tidak ada tokoh yang mempunyai kemampuan seperti Kholifah sebelumnya. Akibatnya, banyak muncul Gubernur yang ingin berdiri sendiri sebagai raja di daerah dan lepas dari kekuasaan kholifah dipusat (Cordova) era ini terkenal dengan sebutan zaman Malukut Thowaif yaitu suatu zaman ketika Daulat Bani Umayah sebagai pemegang kekuasaan pusat di spanyol mengalami kemunduran.
    Adapun sebab-sebab runtuhnya kekuasaan Bani Umayah di Spanyol adalah sebagai berikut :

    Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    Vindha XI TAV B

    BalasHapus
  66. Menyebarkan agama islam di spanyol memang tergolong lama dan harus melewati tantangan-tantangan tertentu,seperti yg diatas:
    harus menghadapi orang-orang kristen atau yang selain islam.
    banyak tokoh-tokoh islam dalam peradaban penyebar agama islam di spanyol yang mampu membangun masid-masjid megah yang sedah terkenal seperti masjid Al-Hambra begitupun para tokohnya seperti:
    1.Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    2.Bidang filsafat yaitu Ibnu rusyah,ibnu bajjah,ibnu thufail
    3.Bidang geografi yaitu Al adrisi
    4.Bidang fisika yaitu Ibnu zuhr
    namun sebelum setelah itu pepecahan terjadi karena di latar belakangi oleh kuasa-kuasa kecil untuk memisahkan diri karena ingin menjadi raja-raja kecil.
    islam di Andalusia memiliki peran islam di Eropa.
    menjadikan kita sebagai umat muslim harus membela keimanan kita untuk membentuk suatu diri kita yang lebih baik dan akan terus baik^_^

    BalasHapus
  67. Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
    Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.Terjadinya pemberontakan intern dikeluarga Bani Umayah karena perebutan kekuasaan, yang menyebabkan munculnya raja-raja kecil diberbagai wilayah.
    Tidak adanya tikih yang kuat sesudah Abdurrahman III wafat dari kalangan Bani Umayah.

    BalasHapus
  68. Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).

    Hisyam Ibnu Abdurrahman
    Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, dengan memajukan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan penelitian.

    dalam penyebaran agama islam di andalusia sangatlah bertumpahan darah...tetapi umat islam sangatlah yakin dengan apa yg mreka lakukan....juga di lindungi atas perlindungan ALLAH SWT sehingga mreka bisa mnyebarkan agama islam di andalusia

    BalasHapus
  69. Kaum Muslim memainkan peran utama dalam sejarah Spanyol. Kehadiran mereka diterangi Semenanjung Iberia sedangkan sisanya dari Eropa dilanda kegelapan. Jadi, Andalusia menghasilkan peradaban besar jauh ke depan dan maju daripada seluruh Eropa. Di bawah kekuasaan mereka, Muslim Spanyol membuat sebuah pusat pembelajaran dan pengetahuan. Kaum Muslim diajarkan membaca, menulis, matematika, bahasa Arab, Qur'an dan Hadis (ungkapam Nabi Muhammad SAW), dan menjadi pemimpin dalam matematika, ilmu pengetahuan, kedokteran, astronomi, navigasi, dll
    Fatimah Afiani . XI TAV A

    BalasHapus
  70. agama islam masuk ke andalusia bi bawa oleh thoriq bin ziad dan mosa bin nusair pada masa walid bin abdul.Keberhasilan Abdurrahman memasuki wilayah Spanyol dan mendirikan Negara Islam karena kegigihannya dan dukungan dari Kabilah Arab. Oleh karena itu ia berhasil masuk wilayah Spanyol dengan selamat maka beliau mendapat gelar al Dahkil yang artinya orang yang berhasil memasuki wilayah Spanyol dan selamat dari kejaran Pemerintah Daulat Bani Abassiyah memberi gelar Saqar Quraisy kepada Abdurrahman bin Muawiyah yang berarti Rajawali Quraisy yang mampu terbang jauh ke wilayah Eropa di Spanyol.

    BalasHapus
  71. Menurut saya Masuknya islam di andalusia/spanyol banyak di pengaruhi oleh para khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah yg sangat berjasa dan tanpa mereka mungkin agama islam di andalusia akan sulit tersabar dan jasa-jasa dari para khalifah tsb diantaranya adalah :
    1. Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H=757M-791M)
    Beliau berjasa dalam mendirikan masjid yg megah di Cordova yaitu masjid Al Hambra.
    2. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H=179M-799M)
    Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, beliau menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh negara.
    3. Abdurrahman III (300H-350H=911M-961M)
    Beliau berjasa memberi pertolongan berupa maaf kepada para pemberontak islam, Beliau mendapat gelar Al Nashir yg artinya penolong.
    Dengan jasa para khalifah-khalifah tsb islam di andalusia menjadi pesat perkembangannya

    banyak tokoh-tokoh islam dalam peradaban penyebar agama islam di spanyol yang mampu membangun masid-masjid megah yang sedah terkenal seperti masjid Al-Hambra begitupun para tokohnya seperti:
    1.Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    2.Bidang filsafat yaitu Ibnu rusyah,ibnu bajjah,ibnu thufail
    3.Bidang geografi yaitu Al adrisi
    4.Bidang fisika yaitu Ibnu zuhr

    BalasHapus
  72. MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA ( SPANYOL )
    Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
    Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.
    Dengan dukungan Gubernur Afrika Utara Musa bin Nushair penaklukan diteruskan ke kota Surogossa dan Barcelona sampai kekaki pegunungan Pyrenia, yang memisahkan Spanyol dengan kerjaan Franka (Perancis).

    Rois Rafshanjani
    XI TAV B

    BalasHapus
  73. terimakasih pak, artikel diatas sangat bermaanfaat bagi saya, dalam mendalami sejarah perkembangan islam khususnya di spanyol. saya juga merekomendasikan link dibawah ini semoga bermanfaat bagi semua.

    https://sites.google.com/site/ppmenetherlands/kazanah/khazanah/sejarahperadabanislamdispanyolandalusiadanpengaruhnyaterhadaprenaisansdieropa

    BalasHapus
  74. Masuknya Islam di Andalusia mempunyaiperanan penting sebagai pusat pengembangan Islam Eropa.Diantaranya peran islam di andalusia adalah

    sebagai Bidang Da’wah

    -bangun masjid yang cukup terkenal di Cordova yaitu masjid Al Hambra
    -menyebarluaskan agama islam kepada Kaum Kristen di Spanyol untuk memeluk agama Islam tetapi atas kemauannya sendiri.

    sebagai Bidang Pendidikan

    -menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan:
    di Bidang tafsir yaitu Ibnu Athiyah
    di Bidang filsafat yaitu Ibnu Rusyah, Ibnu Bajjah, Ibnu Thufail
    di Bidang Geografi yaitu Al Idrisi
    di Bidang Fisika yaitu Ibnu Zuhr
    -membangun gedung perguruan tinggi dan lembaga-lembaga ilmiah sebagai tempat untuk menambah wawasan tentang pendidikan
    -menambah kegiatan tentang ilmu pengetahuan, mempergiat penelitian ilmu pengetahuan & perluasan penggunaan Bahasa Arab sebagai bahasa ilmiah.



    ahmat setyana
    XI TAV a
    03

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. Dalam bidang fiqh, Spanyol Islam dikenal sebagai penganut mazhab Maliki. Yang memperkenalkan mazhab ini di sana adalah Ziad ibn Abdurrahman. Perkembangan selanjutnya ditentukan oleh Ibn Yahya yang menjadi Qadhi pada masa Hisyam Ibn Abdurrahman. Ahli-ahli Fiqh lainnya diantaranya adalah Abu Bakr ibn al-Quthiyah, Munzir Ibn Sa’id al-Baluthi dan Ibn Hazm yang terkenal.



    nama: rosyd ainun isgandi
    kelas: XI tav A

    BalasHapus
  77. latar belakang Daulat Bani ahmar masih bertahan di Granada dan orang-orang Kristen tidak berani menyerang karena :
    a. Umat Islam di Granada sangat pemberani menghadapi musuh dan tidak pernah mengenal menyerah.
    b. Dikalangan kaum Kristen tidak ada rasa persatuan untuk menghadapi Bani Ahmar.
    c. Letaknya strategis bagi pertahanan, sebab tanahnya berbukit dan jurang yang dapat menyusahkan musuh bila belum mengenal medan.

    Muridun
    XI TAV B

    BalasHapus
  78. Daulat bani ahmar berkuasa lebih dari dua abad sudah banyak meninggalkan jasa bagi peradaban Islam.
    Adapun jasa Daulat Bani ahmar adalah sebagai berikut :
    a. Bidang ilmu pengetahuan cukup berkembang pesat, karena para pejuang ilmiah mendapatkan perhatian khusus dari khalifah.
    b. Bidang kebudayaan dapat mencapai kemashurannya dengan ditandai adanya Istana Al Hamra yang indah.
    c. Bidang produksi pangan dan kerajinan dapat membawa kemakmuran Daulat Bani ahmar
    Daulat Bani ahmar setelah berkuasa selama dua abad akhirnya mengalami kemunduran nbahkan kehancuran. Adapun penyebab runtuhnya Daulat Bani Ahmar adalah sebagai berikut :
    a. Timbulnya perpecahan dikalangan intern Bani Ahmar karena perebutan kekuasaan.
    b. Ancaman dari Kaum Kristen yang sudah lama ingin menghancurkan Negara-negara Islam termasuk Daulat Bani ahmar
    Oleh karena itu pada tahun 898H = 1413M kekuasaan Daulat Bani Ahmar di Spanyol (Granada) jatuh ketangan raja Kristen dan berakhirlah kekuasaan Daulat Islam di Spanyol. Suatu hal yang perlu dipahami bahwa dengan beralihnya kekuasaan Islam kepada Kristen, maka punahlah panji-panji Islam di Spanyol.
    Bahkan Umat Islam mengalami penindasan sehingga harus menerima Mahkamah Tafsis yaitu Pengadilan Darah, ketika menerima pengadilan daulat umat Islam disuruh memilih alternative yaitu :
    Orang Islam harus masuk Kristen
    Keluar dari Spanyol
    Rela mati dibunuh oleh raja Kristen

    YUSUF SHOLEKHAN
    XI TAV B

    BalasHapus
  79. Khalifah-khalifah Daulat Bani Umayah di Spanyol yang Berjasa
    a. Abdurrahman Al Dhakil (138H-172H = 757M-791M)
    Beliau merupakan pendiri daulat Bani Umayah di spanyol pada tahun 138H = 757M. belaiau berjasa dalam bidang agama dengan membangun Masjid yang megah di Cordova yaitu Mashid Al Hambra.
    Beliau juga berhasil membangun lahan pertanian dengan irigasi yang baik sehingga kesejahteraan rakyat tercukupi.

    b. Hisyam Ibnu Abdurrahman (172H-180H =179M-799M)
    Beliau berjasa dalam bidang pendidikan, dengan memajukan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan penelitian.
    Hisyam Ibnu Abdurrahman adalah seorang Khalifah yang menegakkan hak asasi manusia sehingga rakyat merasa terlindungi oleh Negara.

    c. Abdurrahman III (300H-350H = 911M – 961M)
    Beliau mendapat gelar Al-Nashir artinya penolong, karena jasanya memberikan pertolongan berupa pemberi maaf kepada para pemberontak, sehingga menjelang tahun 320H = 931M, seluruh Spanyol menjadi kekuasaannya.

    Irfan Padang
    XI TAV B

    BalasHapus
  80. usaha Kholifah Yo’kub bin Yusuf dalam memajukan peradaban Islam adalah sebagai berikut :
    a. Membangun dan menambah banyak masjid dan rumah sakit
    b. Memajukan ilmu pengetahuan, sehingga pada masa itu lahir para ulama yang mashur diantaranya Ibnu Rusyd.
    c. Pada tahun 592H=1201M Yokub bin Yusuf berhasil merebut kembali daerah-daerah Islam di Spanyol dari Cengkraman Raja Alfonso VII.

    nur kholis
    XI TAV B

    BalasHapus
  81. Menurut saya islam di Andalusia spanyol berkembang dengan cepat dalam waktu 8 tahun dan penyebab kemunduran dan kehancuran islam di spanyol antara lain adalah kesulitan ekonomi, dan perselisihan antara islam denan Kristen
    Nuri
    XI TAVB

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak,saya komen di sini,karena kolom kometar untuk postingan bapak tidak tersedia saat saya online,maaf juga buat ukhti nuri yani,titip komen yaa. :)

      Islam di Andalusia merupakan raksasa peradaban yang ditakuti olehkerajaan lainpada zaman keemasanya, ini dikarenakan khilafah islamiyah pada saat itu ditegakkan,syari'at islam di junjung tinggi.
      pada masa kejayaan Islam di Andalusia,Ilmu pengetahuan sangat maju

      Hapus
  82. Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. Hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732 M). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis bagian selatan

    BalasHapus
  83. masuknya dan bekembangnya islam di andalusia membuktikan bahwa islam pernah berjaya di spanyol dan di eropa...

    BalasHapus
  84. Pada tahun 750 M, bani Abbasiyah menjatuhkan pemerintahan Umayyah di Damaskus, dan merebut kekuasaan atas daerah-daerah Arabia. Namun pada tahun 756 M, Abdurrahman I (Ad-Dakhil) melengserkan Yusuf Al-Fihri, dan menjadi penguasa Kordoba dengan gelar Amir Kordoba. Abdurrahman menolak untuk tunduk kepada kekhalifahan Abbasiyah yang baru terbentuk, karena pasukan Abbasiyah telah membunuh sebagian besar keluarganya.

    Ia memerintah selama 30 tahun, namun memiliki kekuasaan yang lemah di Al-Andalus dan ia berusaha menekan perlawanan dari pendukung Al-Fihri maupun khalifah Abbasiyah.

    BalasHapus
  85. Menurut saya, Perpecahan politik memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. Ketika Islam masuk ke Spanyol, ekonomi masyarakat dalam keadaan lumpuh. Padahal, sewaktu Spanyol masih berada di bawah pemerintahan Romawi (Byzantine), berkat kesuburan tanahnya, pertanian maju pesat. Demikian juga pertambangan, industri dan perdagangan karena didukung oleh sarana transportasi yang baik. Akan tetapi, setelah Spanyol berada di bawah kekuasaan kerajaan Goth, perekonomian lumpuh dan kesejahteraan masyarakat menurun.

    BalasHapus
  86. Menurut saya Hal yang menguntungkan tentara Islam antara lain adalah bahwa tentara Roderick yang terdiri dari para budak yang tertindas tidak lagi mempunyai semangat perang Selain itu, orang Yahudi yang selama ini tertekan juga mengadakan persekutuan dan memberikan bantuan bagi perjuangan kaum Muslimin.

    Eni Puji.. XI TAV B

    BalasHapus
    Balasan
    1. e'heeemmm...
      enny.....

      mnta No'Y donggg...!,

      bleh gakkk ???.

      salam dri fans'U.

      Hapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. usaha Kholifah Yo’kub bin Yusuf dalam memajukan peradaban Islam adalah sebagai berikut :
    a. Membangun dan menambah banyak masjid dan rumah sakit
    b. Memajukan ilmu pengetahuan, sehingga pada masa itu lahir para ulama yang mashur diantaranya Ibnu Rusyd.
    c. Pada tahun 592H=1201M Yokub bin Yusuf berhasil merebut kembali daerah-daerah Islam di Spanyol dari Cengkraman Raja Alfonso VII.

    April
    XI TAV B

    BalasHapus
  89. Ketika Daulat Bumi Umayah Abbasiyah berkuasa, maka para pendukung Bani Umayah mendapat tekanan bahkan penindasan, satu diantara pendukung keluarga Bani Umyah yang selamat dari kejaran para pendukung Bani Abbasiyah adalah Abdurrahman Bin Muawwiyah bin Hisan bin Malik, ia selamat dan berhasil memasuki wilayah Andalusia (Spanyol)

    BalasHapus
  90. MASUKNYA ISLAM DI ANDALUSIA ( SPANYOL )
    Pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik, yang menjadi Gubernur afrika Utara adalah Musa bin Nushair, Gubernur Musa setelah diizinkan oleh Kholifah, memerintahkan Thariq bin Zaid memasuki Andalusia (Spanyol).
    Thariq bin Zaid bersama pasukannya mendarat disebuah gunung yang kemudian disebut Jabal Thariq (Gibraltar). Dalam perang Xerex yang dahsyat. Thariq berhasil mengalahkan Panglima Roderik pada tahun 92H = 711M. setelah it uterus maju menguasai kota-kota Kordeva, melaga dan Granada sampai Ibu Kota Toledo yang sudah ditinggalkan penduduknya kecuali orang Yahudi dan Nasrani. Thariq melarang pasukannya merusakan gereja-gereja dan biara-biara dan menjamin bahwa mereka bebas menjalankan agamanya.
    Dengan dukungan Gubernur Afrika Utara Musa bin Nushair penaklukan diteruskan ke kota Surogossa dan Barcelona sampai kekaki pegunungan Pyrenia, yang memisahkan Spanyol dengan kerjaan Franka (Perancis).

    Rois Rafshanjani
    XI TAV B

    maaf pak saya membuat blog lagi
    karena blog yang dulu lupa paswordnya

    BalasHapus
  91. Daulat bani ahmar berkuasa lebih dari dua abad sudah banyak meninggalkan jasa bagi peradaban Islam.
    Adapun jasa Daulat Bani ahmar adalah sebagai berikut :
    a. Bidang ilmu pengetahuan cukup berkembang pesat, karena para pejuang ilmiah mendapatkan perhatian khusus dari khalifah.
    b. Bidang kebudayaan dapat mencapai kemashurannya dengan ditandai adanya Istana Al Hamra yang indah.
    c. Bidang produksi pangan dan kerajinan dapat membawa kemakmuran Daulat Bani ahmar
    Daulat Bani ahmar setelah berkuasa selama dua abad akhirnya mengalami kemunduran nbahkan kehancuran. Adapun penyebab runtuhnya Daulat Bani Ahmar adalah sebagai berikut :
    a. Timbulnya perpecahan dikalangan intern Bani Ahmar karena perebutan kekuasaan.
    b. Ancaman dari Kaum Kristen yang sudah lama ingin menghancurkan Negara-negara Islam termasuk Daulat Bani ahmar
    Oleh karena itu pada tahun 898H = 1413M kekuasaan Daulat Bani Ahmar di Spanyol (Granada) jatuh ketangan raja Kristen dan berakhirlah kekuasaan Daulat Islam di Spanyol. Suatu hal yang perlu dipahami bahwa dengan beralihnya kekuasaan Islam kepada Kristen, maka punahlah panji-panji Islam di Spanyol.
    Bahkan Umat Islam mengalami penindasan sehingga harus menerima Mahkamah Tafsis yaitu Pengadilan Darah, ketika menerima pengadilan daulat umat Islam disuruh memilih alternative yaitu :
    Orang Islam harus masuk Kristen
    Keluar dari Spanyol
    Rela mati dibunuh oleh raja Kristen

    YUSUF SHOLEKHAN
    XI TAV B

    pak maaf saya buat blok lg karena blok yg dlu paswotnya lupa

    BalasHapus
  92. Tess,,, apakahhh foto saya sudah nampak. ?...:D

    BalasHapus